Stisipol Lanjutkan Program Credit Earning

0
539
KETUA Prodi Sosiologi Kampus Stisipol Raja Haji Tanjungpinang Miswanto foto bersama kedua mahasiswanya Wildan Yuda Prawira dan Freddy yang mengikuti Program Creadit Earning di Kampus Universitas Andalas (Unand). f-ISTIMEWA

TANJUNGPINANG – Manajemen Kampus Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji akan mengupayakan ada mahasiswa yang ikut Progam Credit Earning pada semester ganjil nantinya.

Seperti pada tahun 2017 lalu, dua mahasiswa Program Studi (Prodi) Sosiologi Wildan Yuda Prawira dan Fredy telah mengikuti perkuliahan di Kampus Universitas Andalas (Unand) Padang, Sumatera Barat selama satu semester.

Dosen Prodi Sosiologi Stisipol, Miswanto S Sos Msi mengungkapkan, pihaknya tetap mempertimbangkan agar ada mahasiswa terus mengikuti program tersebut, sebagai ajang menambah wawasan.

”Pada tahun lalu, untuk pertama kalinya kita sukses mengikuti program Credit Earning. Tentunya peserta yang telah mengikuti dapat memotivasi kawan-kawan mahasiswa lainnya dengan berbekal pengalaman mengikuti program itu,” ungkap Miswanto, kemarin.

Sesuai hasil kesepakan antara Stisipol Raja Haji tdan Kampus Unand melalui MoU untuk Program Credit Earning tersebut selama dua semester.

Hanya saja, pelaksanaan Credit Earning perdana pada tahun lalu sebagai bentuk ujicoba tahap awal yakni hanya satu semester.

”Jadi kita ikutkan mahasiswa kita satu semester dulu, dan itu hanya di semester ganjil saja. Ada perbedaan materi perkuliahan pada semester genap, antara Stisipol Raja Haji dan Unand,” terang Miswanto.

Penilaian yang diberikan pihak Unand yang menyelenggarakan Credit Earning hanya hanya semester ganjil yang bisa dikonversi dengan Stisipol Raja Haji.

Pertimbangan itu, saat memasuki semester genap, kedua mahasiswa Wildan dan Freddy mengikuti perkuliahan seperti biasa di Stisipol Raja Haji. Miswanto juga menambahkan, tahun ini pihaknya tetap akan mengirim mahasiswa atau mahasiswi untuk mengikuti Program Credit Earning.

”Mekanisme penilaian setiap mata kuliah sepenuhnya menjadi tanggung jawab dari dosen pengajar di universitas penyelenggara yakni Unand,” terang Miswanto.

Selain itu, syarat utama mahasiswa yang mengikuti Program Creadit Earning harus memiliki IPK 3.00 dan menempuh perkuliahan semester Lima. (abh)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here