STIT Lingga Diakreditasi BAN-PT

0
566
Asesor BAN PT saat visitasi ke Kampus STIT Lingga beberapa waktu lalu.

LINGGA – Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT) mengakreditasi Sekolah Tinggi Ilmu Tarbiyah Lingga (STIT-LG). Proses akreditasi yang dimulai Kamis (1/8) berakhir pada Sabtu (3/8).

Tim Asesor yang melakukan Asesmen Lapangan dalam pelaksanaan akreditasi, yaitu Dr. Sururin, M.Ag dari Universitas Islam Negeri Syarif Hidayatullah dan Dr. Muslih. MA dari Universitas Islam Negeri Walisongo Semarang. Kedatangan Tim Asesor disambut oleh Ketua STIT-Lingga Bapak Dr. Pauzi, M.Si. didampingi para Wakil Ketua, Ketua Prodi PAI, para Dosen dan Mahasiswa Prodi Pendidikan Agama Islam (PAI).

STIT-LG yang berdiri pada 1 Pebruari 2016 ini memiliki dua Program Studi (Prodi) yaitu prodi Pendidikan Agama Islam dan Prodi Manajemen Pendidikan Islam. Akreditasi dilakukan oleh dua asesor BAN-PT yakni Dr. Muslih. MA dan Dr. Sururin M.Ag.

Tim asesor dalam visitasi itu sangat mengapresiasi pihak STIT-LG karena perguruan tinggi yang berkampus di Dabo Singkep itu sudah berani diakreditasi mesti usia kampusnya baru 3 tahun.

Baca Juga :  Presiden Setujui Jembatan Babin

“Kami mengapresiasi keinginan kuat pengelola STIT Lingga, karena posisi kampus yang sangat jauh dari ibu kota namun tidak menyurutkan pengelolanya untuk terus memajukan kampus ini,” kata Dr. Muslih. MA.

Aktivitas perkuliahan di Kampus yang sudah berjalan 3 tahun kini juga akan memasuki tahun pelajaran baru. Seiring dengan itu sekolah tinggi juga terus berbenah secara administrasinya dan persisnya pada tagal 1 sampai dengan tgl 3 Agustus 2019. Tim akreditasi datang untuk menjalankan tugas, mengasesmen prodi Pendidikan Agama Islam dan Prodi Manajemen Pendidikan Islam.

Acara pembukaan proses Akreditasi STIT-LG itu juga dihadiri Junaidi Azam, Kadis Pendidikan Kabupaten Lingga yang mewakili Bupati Lingga dan Kepala Kemenag Kabupaten Lingga Muhammad Nasir, S.ag.,MH.

“Teruslah berbenah dan membuat kepercayaan masyarakat. Sebagai pejabat daerah akan terus memberi semangat dan dukungan baik secara moril mau sprituilnya. Inshaallah kedepan Pemkab Lingga akan turut membantu untuk kemajuan STIT-LG,” kata Junaidi.

Baca Juga :  Bantu Proyek TMMD, RT dan RW Kirim Pekerja Tiap Hari

Untuk motivasi STIT-LG, Junaidi menyaran agar cepat berubah status menjadi Institut atau menjadi Universitas di Negeri Bunda Tanah Melayu Kabupaten Lingga.

Setelah pembukaan selesai dilanjutkan dengan asesmen borang prodi PAI di ruang Rapat Senat STIT Lingga. Dalam proses penilaian akreditasi, kedua asesor membagi tugas kerja. Dr. Muslih, MA melakukan tanya jawab intensif dengan pimpinan Program Studi Pendidikan Agama Islam dan jajaran dosen tetap sedangkan Dr. Sururin, M.Ag berdiskusi dengan Ketua dan Wakil Ketua STIT Lingga. Asesor pun turut memuji kekompakan dan kelengkapan berkas Prodi PAI STIT Lingga.

Terkait dengan hasil kegiatan visitasi akreditasi, Dr. Muslih, MA mengatakan bahwa kegiatan ini juga bertujuan untuk membangun networking serta membuka persahabatan dan sekaligus pembinaan kepada Prodi PAI tentang strategi dan langkah-langkah memajukan Prodi PAI agar lebih baik lagi kedepannya. ‘’Kami berharap dengan proses Akreditasi, kita dapat saling berkomunikasi tidak hanya saat ini tapi untuk ke depannya kita masih bersahabat. Di sini kami hanya memotret, nanti kami sampaikan ke BAN-PT. Hasil akhirnya merupakan keputusan Dewan Eksekutif,’’ ujar Dr. Muslih, MA.

Baca Juga :  TMMD Ajak Pelajar Perangi Narkoba

Sementara itu, Ketua Prodi PAI, Syamsul Ridwan, M.Pd.I. bersyukur proses visitasi akreditasi Prodi PAI berjalan dengan lancar dan semoga hasilnya sesuai dengan harapan kita bersama. Ia pun mencatat hal-hal penting yang disampaikan oleh para asesor dan berjanji untuk menindaklanjutinya. (jek)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here