Stok Bahan Pokok Aman

0
267
AKBP Ucok Lasdin Silalahi

TANJUNGPINANG – SATGAS Pangan Polres Tanjungpiang memastikan, stok bahan pokok di kawasan pelantar dan Kota Tanjungpinang, aman hingga beberapa bulan ke depan. Hal ini diungkap Kapolres Tanjungpinang AKBP Ucok Lasdin Silalahi, kemarin.

Menurutnya, Satgas Pangan telah mengadakan rapat lintas sektoral soal kebutuhan bahan pokok, baru-baru ini. Seperti ketersediaan beras dan bahan pokok lainnya. ”Stok cukup, harga juga masih normal. Persediaan sembako masih cukup,” tegasnya.

Kapolres mengatakan, selama Ramadan, Satgas Pangan belum ada menerima laporan tentang harga sembako yang naik. Sedangkan teknis ada pada dinas terkait. Satgas tetap mengawasinya. Satgas akan menindak pedagang dan distributor yang melakukan penimbunan bahan pokok, selama bulan puasa dan lebaran.

”Kami minta kepada pedagang dan distributor untuk tidak melakukan penimbunan bahan kebutuhan pokok,” imbaunya.

Jika distributor dan pedagang di Tanjungpinang melakukan penimbunan kebutuhan bahan pokok, dapat berdampak pada kenaikan harga. Hal ini kerap terjadi pada saat hari-hari besar keagamaan, seperti pada saat bulan Ramdan ini. Pedagang dan distributor yang membandel dapat dijerat dengan Undang-undang Pangan khusunya Pasal 133 Undang-undang Nomor 18 tahun 2012 tentang Pangan.

”Selain itu juga dapat dijerat dengan Pasal 104 Undang-undang Nomor 7 Tahun 2014 tentang Perdagangan dengan ancaman pidana penjara paling lama lima tahun atau denda Rp 50 miliar,” ujarnya. (RAYMON)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here