Stok Banyak, Harga Ikan Stabil

0
50
Salah seorang pedang ikan di Pasar Bintan Centre, Batu 9 Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – Harga ikan sejak satu bulan terkahir ini terbilang stabil, meskipun untuk beberapa jenis masih terbilang tinggi karena stoknya masih sedikit.

Salah seorang pedagang ikan di Pasar Tradisional Bincen, Feri mencontohkan, harga ikan jenis kerapu sudah normal, yaitu Rp35 ribu per kilo. Berbeda saat musim angin Utara bisa mencapai Rp60-65 ribu per kilo.

“Ini harganya normal, sudah sejak sebulan terakhir karena stoknya juga banyak,” ujarnya kepada Tanjungpinang Pos, Senin (8/4).

Meski demikian Fajar menuturkan, jenis ikan kerapu pancing masih tetap mahal yaitu Rp60 ribu per kilo.

“Berbeda harga ikan kerapu pancing dan jaring. Lebih murah jaring karena stoknya lebih banyak. Secara keseluruhan harga ikan normal,” paparnya.

Pedagang ikan lainnya, Anto menuturkan ikan bulat kini sudah stabil yaitu Rp35 ribu per kilo untuk ukuran besar. Sedangkan ukuran sedang dan kecil lebih mahal yaitu Rp 50 ribu per kilo yang biasanya lebih enak dibakar.

“Ikan bulat juga sudah stabil harganya,” paparnya.

Begitu juga dengan udang kini harganya sudah stabil yaitu Rp160 ribu per kilo untuk ukuran besar. Sebelumnya bisa mencapai Rp210 ribu per kilo.

Dituturkannya, untuk udang ukuran sedang lebih murah yaitu Rp135 ribu per kilo dan ukuran kecil Rp95 ribu per kilo.

Selain itu, Feri juga memiliki stok ikan amoi yang dijual senilai Rp28 ribu per kilo. Bila stok sedikit bisa dihargai Rp35 ribu per kilo. Begitu juga dengan ikan dela, hanya berbeda Rp2 ribu yaitu Rp 30 ribu per kilo.

Ikan mata besar juga sudah stabil yaitu Rp25 ribu per kilo. Dari sebelumnya pernah mencapai Rp 40-45 ribu per kilo.

“Harga ikan pasti melihat kondisi cuaca yang berpengaruh kepada stok. Kalau sekarang sudah stabil meski ada beberapa jenis juga tetap tinggi
harganya,” tuturnya.

Selain itu, ikan selar masih tetap mahal yaitu Rp 60 ribu per kilo. Sama seperti musim angin Utara waktu itu. Menurutnya, normalnya harga ikan selar sekitar Rp 40-50 ribu per kilo.

“Stok ikan selar pun masih sedikit maka hargannya masih tinggi,” paparnya.

Begitu juga ikan tongkol putih dan merah, masih tinggi yaitu Rp 25 ribu per kilo. Biasanya ikan jenis ini di bawah Rp 20 ribu per kilo.

“Stoknya masih sedikit,” paparnya.

Pedagang Ayam, Robi menuturkan, harga daging masih stabil. Meski demikian, ada wancana kenaikan yang sudah diberitahu distributor atau
peternak ayam.

Dituturkannya, harga daging ayam segar senilai Rp 37 ribu per kilo. Sedangkan daging ayam es, lebih murah yaitu Rp 35 ribu per kilo.

Ia juga menjual hati dan ampela senilai Rp 33 ribu per kilo. Pedagang Daging Sapi Segar, Buyung menuturkan, harga daging sapi segar masih sama yaitu Rp 140 ribu. Biasaya terjadi kenaikan menjelang puasa dan lebaran.

‘Kalau harga daging sapi masih stabil,’ paparnya.

Dituturkannya, harga daging sapi menjelang Lebaran, seperti tahun lalu bisa mencapai Rp 160-165 per kilo.(dlp)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here