Stok BBM Aman Jelang Akhir Tahun

0
28
SALAH satu SPBU yang melayani penjualan BBM di Natuna f-hardiansyah/tanjungpinang pos

Menjelang akhir tahun 2018 ini, untuk ketersediaan BBM jenis premium, solar dan minyak tanah di Pertamina Selat Lampa diperkirakan mencukupi.

NATUNA – Kepala Bagian Migas Setda Kabupaten Natuna Faisal mengatakan, informasi yang disampaikan langsung dari Pertamina di Selat Lampa ketersediaan BBM tersebut mencukupi sampai jelang akhir tahun.

”Stok BBM di terminal pertamina di Selat Lampa masih tersedia dan aman hingga jelang akhir tahun,” kata Faisal diruang kerjanya, (5/12) Kemarin.

Faisal menjelaskan, untuk stok BBM jenis Premium masih tersedia sekitar 8.817 kilo liter, dan solar masih ada 6.561 kiloliter.

Selain itu, ketersediaan alokasi kuota BBM ditetapkan langsung oleh Badan Pengatur Hilir (BPH) Migas Kementerian ESDM.

”Untuk ketersediaan BBM, sudah jelas dan tidak bisa main-main. Semua itu sesuai peruntukkannya,” ucapnya.

Sekarang ini, keterlambatan penyaluran ke setiap masyarakat bukan karena kelangkaan stok BBM namun keterlambatan kadang disebabkan masalah cuaca dan pengangkutan.

”Dipastikan, untuk jelang akhir tahun ini stok BBM aman. Akan tetapi, jika ada suatu lokasi atau wilayah yang kekurangan BBM itu bukan BBM langka. Tetapi disebabkan lembaga penyalur BBM (APMS/SPBU), belum melakukan penebusan pembelian(DO) ke Pertamina,” pungkasnya.

Untuk mendukung pendistribusian BBM di Natuna, tak lama lagi kabupaten ini akan mendapatkan bantuan kapal pengangkut BBM yang siap mendistribusikan BBM ke pulau-pulau yang ada diwilayah perbatasan NKRI dengan aman.

Bantuan Kapal pengangkut BBM ke pulau-pulau itu, rencananya akan diberikan langsung dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman (Menko-Kemaritiman).

Hal ini dikarenakan, sudah seringnya kejadian kapal pengangkut BBM ke setiap pulau mengalami musibah kebakaran ketika mengangkut BBM. Sebab, spesifikasi kapal penyalur BBM untuk pulau-pulau tidak memadai dari segi keamanan dan fungsinya.

Maka dari itu, melalui Menko-Kemaritiman akan memberikan kapal pengangkut BBM yang aman dan sesuai standar.

”Alhamdulillah, berkat usulan Bupati Natuna ke Menko Kemaritiman. Terkait permohonan bantuan kapal pengangkut BBM yang safety nya, sesuai standar keselamatan Pertamina akhirnya mendapatkan tanggapan positif,” kata Kabag Migas Kabupaten Natuna Faisal, diruang kerjanya, Rabu (5/12).

Faisal menjelaskan, dalam waktu dekat ini Pemerintah Daerah diminta untuk menghadiri undangan pada pembahasan terkait rencana bantuan kapal pengangkut BBM sesuai standar keselamatan Pertamina yang diinisiasi oleh Kemenko-Kemaritiman. (HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here