Stok Beras Capai 7 Ribu Ton

0
185
Petugas Bulog Batam saat menunjukan beras di gudang Bulog Batam beberapa waktu lalu. f-dokumen/tanjungpinang pos

BATAM – Stok beras di Bulog di Batam, jelang Ramadan, diakui berkisar 7 ribu ton. Stok beras itu diakui cukup dan akan digunakan hingga Juli 2018 mendatang. Walau sudah ada stok beras itu, namun diminta agar stok ditambah atau ditingkatkan. Dengan demikian, sesuai rapat Tim Pengendali Inflasi Daerah (TPID), beras tidak ada masalah.

Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Kadisperindag) Batam, Jarefriadi mengatakan, secara umum untuk beras tidak ada masalah. ”Kemarin kita di TPID sudah rapat. Soal beras tidak ada masalah. Tapi kita mendorong stok lebih kuat dari normal. Jadi tidak ada masalah,” katanya.

Permintaan untuk meningkatkan stok di Bulog, diakui tidak lepas dari pola konsumsi masyarakat Batam. Dimana, selama ini biasanya walau bulan puasa, namun konsumsi masyarakat malah meningkat. ”Mestinya kan, orang puasa, konsumsinya turun. Tapi dalam kenyataannya, di Batam, orang puasa, konsumsinya malah meningkat. Lebih banyak,” beber Zaref.

Sehingga, walau distribusi beras ke pasar diakui berjalan normal. Namun untuk mengantisipasi puasa, tidak hanya Bulog, distributor juga diminta meningkatkan distribusi. ”Kalau tidak cukup, kita minta tambahan dari distributor. Penyediaan ini jalan sepanjang minggu,” imbuhnya.

Sebelumnya, Zaref berharap agar harga tetap normal. Pihaknya mengantisipasi permainan pedagang jelang bulan puasa, dalam harga. Masyarakat juga diminta untuk berpatisipasi dalam menjaga agar harga normal untuk Sembako.

”Contoh pada saat harga bayam mahal, masyarakat harus cerdas, pindah (membeli) kangkung. Kan tidak mati kalau tidak makan bayam. Kalau dua-duanya mahal, pindah yang lain,” sarannya.

Disebutkan, saat Ramadan harga naik, karena banyak yang dinilai tidak berbelanja secara profesional. Diminta kecerdasan masyarakat saat berbelanja. ”Memang untuk survey kita ada kenaikan barang-barang. Tapi itu bisa ditekan,” imbuhnya.(MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here