Stok Beras hingga Idul Fitri 1.056 Ton

0
210
PERSONEL Polsek saat memeriksa beras di salah satu gudang distributor. F-ALRION/tanjungpinang pos

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun menjamin ketersediaan stok sembako serta harga normal hingga Idul fitri 2018 di Karimun aman.

KARIMUN – Hal itu dilihat dari ketersedian stok di beberapa gudang distributor yang ada saat ini. Saat ini terdapat 30 distributor beras yang terdaftar tersebar di Kecamatan Karimun, Meral, Tebing, Kundur dan Kundur Barat dengan total keseluruhan stok beras mencapai 1.056 ton.

”Insya Allah stok aman, dan masyarakat tidak direpotkan dengan ketersediaan saat bulan Ramadan tiba. Stok di gudang distributor saat ini masih cukup bagi masyarakat Kabupaten Karimun. Karena tidak hanya gudang di Pulau Karimun termasuk di Kundur dan Moro,” kata Yosli, Kadisdagkopukm dan ESDM Karimun, Minggu (15/4) kemarin

Yosli menjelaskan, beberapa waktu lalu ada beberapa kebutuhan mengalami kenaikan harga. Menurutnya, sudah menjadi hal biasa ketika permintaan pasar meningkat sementara pasokan menurun.

Harga sembako saat ini sudah kembali normal seperti sedia kala. Dia mengatakan, harga ayam masih sekitar Rp 34 ribu per kilogram (kg)-nya dan cabai merah Rp 50 ribu per Kg serta bawang merah Rp 28 ribu dan bawang putih Rp20 ribu per kilogram.

”Hanya harga daging sapi mengalami kenaikan dari Rp140 ribu kilogram menjadi Rp 150 ribu kilogram. Hal itu dikarenakan keterbatasan stok. Harga daging sapi ini diharapkan normal, sementara harga sembako kami jamin aman dan tidak akan mengalami kenaikan harga yang tinggi,” jelasnya.

Khusus stok ayam peternak lokal hanya mampu memenuhi 20 persen dari kebutuhan masyarakat di Karimun membutuhkan sekitar 1.000 ekor ayam per hari. ”Tingginya ketergantungan suplai dari daerah lain, tentunya menjadi tantangan tersendiri untuk mengamankan agar harga bahan pokok bisa terkendali,” kata Yosli.

Untuk itu, pihaknya akan melakukan berbagai cara agar harga sembako menjelang Ramadan tidak mengalami kenaikan yang signifikan. Tidak hanya itu, minyak goreng 175 ton, tepung 106 ton, gula 313 ton, telur 1050 ikat, mentega 5 ton, kacang tanah 61 ton, kacang kedelai 140 ton. Kenaikan harga beras pulut, membuat pedagang enggan menyediakan stok selama 2 bulan terakhir. (ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here