Stok Daging Cukup, tapi Harganya Mahal

0
348
SALAH satu pedagang daging sapi yang sedang berjualan di Pasar Ranai f-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

NATUNA – Kadis Pertanian dan Peternakan Kabupaten Natuna Tengku Fauzan Tambusai memastikan, Natuna sudah bisa berswasembada pada komoditas daging sapi. Selama ini, permintaan pasar di Natuna bisa tercukupi dengan daging sapi hasil dari produksi peternak Natuna.

”Kalau daging sapi Alhamdulillah kita selalu cukup. Bahkan, di bidang ini Natuna juga diakui unggul hingga ke luar daerah. Pasar lokal selalu terpenuhi, dan bahkan bisa berlimpah ke luar daerah,” kata Fauzan di kantornya, Selasa (6/2).

Hanya saja, di sektor ini diakuinya masih ada kelemahan yang perlu di atasi yakni harga daging sapi di pasaran Natuna masih terbilang mahal.

”Cuma kalahnya di harga. Daging sapi masih mahal di sini, di pasar sekilo harganya berkisar Rp120 ribu hingga Rp150 ribu perkilo. Harga ini dirasa cukup berat oleh masyarakat. Normalnya di bawah Rp100 ribu. Saya rasa ini jadi PR kami di pemerintahan,” terang Fauzan.

Menurutnya, harga itu tinggi dikarenakan sarana pengolahan daging di Natuna masih minim. Sehingga, semuanya dilakukan manual dan setiap prosesnya memerlukan biaya.

”Kita di sini belum punya rumah potong dan sarana lainnya. Kalau ini sudah ada mungkin harga bisa diturunkan,” sambung Fauzan.

Dengan begitu, ke depan pemerintan akan berupaya mengadakan sarana dalam upaya mendukung pasokan daging di Natuna. (hrd)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here