Stok Darah Kosong, KDD Gelar Donor Darah

0
468
Donor darah: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun didamping Kadinkes Kepri Tjeptjep meninjau FKPD yang ikut donor darah. f-HUMAS PEMPROV KEPRI

TANJUNGPINANG – Keluarga Donor Darah Bersama Kita Memberi (KDD Bestari) Kota Tanjungpinang akan menggelar donor darah. Kegiatan akan dilaksanakan di Lapangan Pamedan, Minggu (27/11) nanti. Dimulai pukul 06.00 sampai pukul 14.00. Aksi donor darah ini juga kerja dengan PMI Tanjungpinang, PKK Pemprov Kepri dan Ikatan Alumni SMA I Tanjungpinang.

Ketua KDD Bestari, Raja Rasfiardi mengatakan aksi donor darah dengan tema ”Jumpa Gembira Donor Daerah Sukarela”. Melalui aksi donor darah ini diharapkan animo masyarakat Tanjungpinang untuk mendonorkan darahnya terus bertambah. Keinginan masyarakat untuk mendonor masih minim, masih banyak yang takut dan alasan lainnya.

Padahal kebutuhan darah di Tanjungpinang per tahunnya mencapai 5-6 ribu. Realisasinya baru 60 persen, sedangkan 40 persenya adalah donor darah dari penganti pihak pasien. ”Lebih banyak yang memerlukan kantong darah daripada yang mendonorkan darah,” bebernya.

Ditegaskan dia, setiap hari kebutuhan kantong darah terus meningkat disebabkan semakin bertambahnya rumah sakit di Pulau Bintan. UPT PMI Tanjungpinang selalu kekurangan kantong daerah. Kalau ada stok kantong darah langsung habis di ambil pasien.

Kadang, pasien membutuhkan kantong darah namun persedian tidak ada. PMI langsung memanggil anggota keluarganya, terutama keluarga yang sama golongan darahnya, untuk di donorkan. ”Umumnya pasien rujukan dari daerah Lingga juga membutuhkan kantong darah,” bebernya.

Direncanakan kegiatan ini juga akan dihadiri Gubernur Kepri H Nurdin Basirun dan Hj Noorlizah Nurdin dan Wali Kota Tanjungpinang, H Lis Darmansyah. (bas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here