Stok Melimpah, Harga Ikan Stabil

0
105
SUASANA Pasar Ikan di Tarempa dan pedagang sibuk melayani pembeli. f-indra gunawan/TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – Harga ikan yang dijual di Pasar Ikan Tarempa, Kecamatan Siantan Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) stabil dan tidak ada kenaikan.

Mulai dari ikan ekspor seperti Kerapu sampai dengan jenis ikan Tongkol harganya masih terjangkau oleh masyarakat.

”Untuk ikan Tongkol harganya Rp40 ribu per ekor, untuk ukuran yang besar. Namun juga ada yang Rp20 ribu untuk ukuran kecil. Kalau ikan karang rata-rata Rp20 ribu dapat dua ekor, bahkan cumi Rp25 ribu perkilonya,” kata Abu Bakar, pedagang ikan Pasar Ikan Tarempa, kemarin.

Menurut dia, banyak atau tidaknya ikan di Pasar Ikan Tarempa tergantung hasil tangkapan nelayan. Apabila turun angin kencang, biasanya hasil tangkapan nelayan tentuberkurang.

”Kalau saat ini walaupun ombak tinggi, namun hasil tangkapan nelayan cukup banyak dan stok ikan di Pasar Ikan Tarempa cukup melimpah,” jelasnya.

Kendati demikian, Abu Bakar menambahkan bahwa pada akhir bulan Juli silam harga ikan sempat naik. Hal ini dikeranakan, kencangnya angin musim selatan yang rawan bagi keselamatan nelayan.

”Saat musim angin selatan Juli kemari, ombak besar nelayan sempat kesulitan melaut,” ungkapnya.

Abu Bakar yang di dampingi M Juni Pedagang ikan lainnya mengakui, saat ini pihaknya kesulitan mendapatkan ikan Tongkol Jenis besar. Hal ini disebabkan, untuk mendapatkannya nelayan harus berhari-hari dilaut.

”Kalau ikan Tongkol yang kecil ini biasa didapatkan nelayan, yang mencari ikan berangka pagi dan malam sudah kembali. Namun untuk yang besar didapatkan oleh nelayan, yang sampai satu minggu di laut. Karena saat ini masih belum musim ikan Tongkol,” terang Juni.

Abu Bakar menyampaikan, saat ini masih masuk musim Selatan, dan sebentar lagi akan masuk musim barat, dan menyusul musim utara.

Biasanya bulan-bulan Oktober, saat masuk musim angin barat maka akan ada ikan Tenggiri yang sangat ditunggu oleh para nelayan.

”Tak lama lagi akan masuk musim ikan Tenggiri, maka biasanya hasil tangkapan nelayan akan lebih banyak dan melimpah,” ungkap Abu Bakar.

Dengan begitu, lanjut Abu, ia juga berpesan kepada nelayan agar selalu waspada terhadap cuaca di laut ketika menangkap ikan di laut dan mengedepankan faktor keselamatan. (end)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here