Stok Sembako Aman hingga Lebaran

0
672
BERBINCANG: Gubernur Kepri H Nurdin Basirun berbincang dengan salah seorang pedagang di Pasar Karimun, belum lama ini. F-suhardi/tanjungpinang pos

Gubernur Kepri H Nurdin Basirun mengatakan, berdasarkan informasi dari Dinas Perdagangan dan Industri (Disperindag) Pemprov Kepri, stok sembako aman sampai akhir Ramadan Juni 2017 mendatang. 

TANJUNGPINANG – IA mengatakan, dirinya sudah memanggil Kadisperindag untuk mempersiapkan barang kebutuhan masyarakat sebelum dan sesudah Lebaran. Ternyata, stok sembako aman sampai Lebaran.

”Bahkan saya meminta mereka memantau dan memberikan sanksi tegas jika ada distributor atau pedagang yang sengaja menyimpan sembako jelang Ramadan. Sehingga sangat akan berdampak akan kelangkaan,” ujar Nurdin di Karimun kepada wartawan belum lama ini.

Senada dengan gubernur, Kadisperindag Pemprov Kepri Burhanuddin mengklaim, pasokan sembako sampai dengan empat bulan ke depan mencukupi.

Data pendukungnya lengkap di Disperindag dan Bulog Tanjungpinang. Hal ini dipaparkan pada saat rapat gabungan terbatas di Kota Batam bersama para distributor dan Pemda se-kabupaten dan kota di Kepri.

”Bulog dan distributor yang sama-sama mitra kita memastikan stok sembako aman sampai empat atau lima bulan ke depan,” ujar Burhanuddin kepada Tanjungpinang Pos.

Bahkan soal harga yang selama ini menjadi permasalahan utama masyarakat dari tahun ke tahun mulai tahun 2017 ini, Burhanuddin menegaskan para pedagang ataupun distributor di pasar tradisional seluruh Indonesia tidak bisa seenaknya menaikkan tarif sembako.

Terutama untuk tiga komoditi. Pertama daging harus seharga Rp 80 ribu per kilo, minyak goreng Rp 11 ribu per liter, serta gula pasir Rp 12.500 per kilogram.

”Tiga komoditi ini sudah ditetapkan secara nasional oleh presiden. Surat itu sudah sampai kepada kabupaten kota,” tambahnya menegaskan.

Bahkan masalah di pulau terluar, terkait sembako ini tidak menjadi persoalan. Ia menegaskan, saat ini tidak ada masalah terkait transportasi antar pulau. ”Insya Allah semua aman terkendali,” tegasnya demikian.(SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here