Struktur Alat Kelengkapan Dewan Batam Dirombak

0
1213
Nuryanto

BATAM – Setelah sempat tertunda, DPRD Kota Batam akhirnya merotasi alat kelengkapan dewan. Rotasi dilakukan untuk anggota alat kelengkapan sesuai usulan masing-masing fraksi.

Anggota alat kelengkapan yang dirotasi, adalah Badan Anggaran (Banggar), Badan Musyawarah (Banmus), Badan Perencanaan Peraturan Daerah (Bapperda), Badan Kehormatan (BK) dan komisi-komisi.

Pada rapat paripurna yang dipimpin Ketua DPRD Batam, Nuryanto dan dihadiri Wakil Wali Kota Batam, Amsakar Achmad, Senin (6/3), untuk penentuan pimpinan alat kelegkapan dewan, didorong melalui musyawarah.

Kecuali Banggar dan Banmus, yang secara otomatis dipimpin Ketua DPRD dan Wakil Ketua juga Ketua DPRD. Sementara Sekretaris otomatis dijabat Sekwan.

Baca Juga :  Bawa Narkoba 30 Kilo, Ancaman Pidana Mati

Pada pemilihan pertama, dilakukan untuk menentukan lima anggota Badan Kehormatan (BK) DPRD Batam.

Dari sembilan calon, terpilih lima orang anggota. Kelima orang anggota BK itu, H Erizal, Aman, Suardi Tahirek, Safari Ramadhan dan Ruslan. Suardi Tahirek sebagai ketua dan Aman sebagai Sekretaris.

Selanjutnya untuk Bapperda, ketua ditetapkan Sukaryo dan Wakil Ketua, Tumbur M Sihaloho. Untuk Komisi-komisi, dipilih Ketua-ketua, sekretaris dan wakil ketua.

Untuk Komisi I yang membidangi Hukum dan Pemerintahan, ketuanya Budi Mardiyanto, wakil ketua dijabat Harmidi Umar Husein dan sekretaris dijabat Ruslan Ali Wasyim.

Baca Juga :  Masih Luas, Jangan Reklamasi Batam

Selanjutnya, Komisi II yang membidangi Ekonomi, Keuangan dan Industri, Ketua dipimpin Edward Brando, wakil ketua dijabat Sallon Simatupang serta sekretaris dijabat Mesrawati Tampubolon.

Komisi III yang membidangi Pembangunan, Sarana Prasarana dan Lingkungan Hidup, Ketua dijabat Nyanyang Haris Pratamura. Wakil ketua dijabat Eki Kurniawan serta sekretaris, Bustamin Hasibuan.

Komisi IV yang membidangi Kesejahteraan Rakyat dan Sumber Daya Manusia, kini dipimpin Djoko Mulyono sebagai ketua. Selanjutnya wakil ketua dijabat Muhammad Yunus serta sekretaris dijabat Udin P Sihaloho.

”Kita melakukan perubahan, sesuai tata tertib, yang mengamanatkan perubahan setelah 2,5 tahun dari satu periode. Langkah ini untuk meningkatkan kinerja wakil rakyat,” kata Nuryanto di paripurna itu. (mbb)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here