Struktur Jembatan Sungai Carang Rusak Parah

0
350
Pj WaliKota Tanjungpinang H Raja Ariza bersama dengan Kadisperkim Amrialis melihat tangga menuju taman bunga Jembatan Sungai Carang, rusak dan kondisinya mau ambruk. F-ANDRI/TANJUGNPINANG POS

Struktur Jembatan Sungai Carang sudah rusak parah. Dinding anak tangga berada sebelah kiri jalan dari arah RSUD Ahmad Tabib menuju ke Kantor Walikota Tanjungpinang, Senggarang sudah retak parah dan mau ambruk.

TANJUNGPINANG – Jembatan Sungai Carang ini salah satu dari 6 proyek multiyears Kota Tanjungpinang diresmikan tahun 2012 lalu. Pembangunan jembatan gugus (Sungai Carang) dengan total dana Rp48,7 miliar lebih, jembatan terusan Rp34,01 miliar, pembanguan gedung pemerintah 5 lantai Rp57,3 miliar lebih, pembangunan rumah jabatan wali kota Rp22,56 miliar, pembangunan rumah jabatan ketua DPRD dan wakil ketua DPRD Rp17.85 miliar dan pembangunan gedung wanita Rp9,7 miliar.

Diresmikan tahun 2012 lalu. Kondisi dinding tangga sudah retak sangat membahayakan masyarakat saat memanfaatkan fasilitas anak tangga untuk turun ke bawah Jembatan Sungai Carang. Dinding tersebut sudah goyang. Seperti mau roboh apabila saat disentuh dengan tangan.

Penjabat (Pj) Walikota Tanjungpinang, Raja Ariza didampingi Kepala Dinas Perumahan Rakyat, Kawasan Pemukiman Kebersihan dan Pertamanan (Disperkim) Kota Tanjungpinang, Amrialis meninjau langsung kondisi struktur Jembatan Sungai Carang yang sudah rusak parah.

Dua pejabat tersebut sempat heran melihat kondisi dinding anak tangga yang terbilang mau roboh. ”Ini bahaya sekali ya. Perlu diperbaiki,” kata Raja Ariza sambil menyentuh dinding anak tangga disela meninjau.

Raja mengatakan, membangun sangat mudah sekali. Namun, untuk memelihara sulit. Pasalnya, memelihara bangunan yang sudah dibangun butuh anggaran besar. ”Kita harus menyediakan anggara pemeliharaan,” tegas dia.

Ia perintahkan Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruangan (PUPR) Kota Tanjungpinang, Hendri untuk segera membenahi dinding yang sudah mau roboh.

Menurutnya, tangga tersebut sudah membahayakan masyarakat saat turun menuju Taman Sungai Carang berada di bawah Jembatan. ”Tengoklah, kita pegang saja sudah goyang gini,” sebut dia.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Kota Tanjungpinang, Hendri mengatakan, ia akan mengecek kondisi struktur dinding Jembatan Sungai Carang. ”Nanti, kita cek dulu ya,” singkat Hendri saat dikonfirmasi awak media ini.

Jembatan tersebut dibangun di masa Wali Kota Tanjungpinang, H Suryatati A Manan. Jembatan tersebut bagian dari proyek jamak atau multiyears bersama dengan Gedung Perkantoran Lima lantai di Senggarang.(ANDRI DS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here