Struktur Pemerintahan Lengkap

0
680
ISDIANTO menerima SK penetapan Wagub Kepri dari Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara, kemarin (atas). Dari kiri, Anggota DPR RI Dapil Kepri Ria Latifa, Gubernur Kepri H Nurdin Basirun, Isdianto, Sekdaprov Kepri TS Arif Fadillah foto bersama usai pelantikan. f-istimewa/humas pemprov kepri

Isdianto Wagub Kepri Keempat

Struktur pemerintahan di Pemprov Kepri akhirnya lengkap dengan dilantiknya Isdianto sebagai Wakil Gubernur (Wagub) Kepri oleh Presiden RI Joko Widodo di Istana Negara Jakarta, Selasa (27/3).

JAKARTA – SELAMA ini, banyak kalangan yang menilai, pemerintahan tanpa Wagub benar-benar pincang dan roda pemerintahan tidak berjalan maksimal. Kini, struktur pemerintahan sudah lengkap dan tingggal menjalankan. ”Dengan sudah lengkapnya struktur pemerintahan Kepri, saatnya kita bekerja membangun,” kata Jumaga usai pelantikan Isdianto, kemarin.

Isdianto dilantik menjadi Wakil Gubernur Kepri keempat sepanjang sejarah perjalanan berdirinya Provinsi Kepri. Adapun tiga Wakil Gubernur Kepri sebelumnya antara lain, Muhammad Sani, Soerya Respationo dan Nurdin Basirun.

Isdianto dilantik sebagai Wakil Gubernur Kepri sisa masa jabatan 2016-2021. Masih ada waktu bagi Isdianto membantu gubernur membangun Kepri sekitar tiga tahun lalu. Prosesi pelantikan Isdianto dimulai pukul 14.00 WIB. Prosesi pelantikan itu diawali dengan penyerahan petikan Surat Keputusan Presiden Nomor 44/W Tahun 2018 Tentang Pengesahan Pengangkatan Wakil Gubernur Kepulauan Riau Sisa Masa Jabatan 2016-2021.

Isdianto yang menggunakan Pakaian Dinas Upacara Besar (PDUB) dilantik usai Presiden Joko Widodo melantik hakim konstitusi Arief Hidayat. Setelah menyanyikan lagu kebangsaan Indonesia Raya sebagai pembukaan, prosesi itu dilanjutkan dengan pembacaan Surat Keputusan Presiden tentang Pelantikan Wakil Gubernur Kepri terpilih.

Acara dilanjutkan dengan pengambilan sumpah jabatan. Presiden Jokowi membacakan sumpah jabatan dan Isdianto mengikutinya. ”Demi Allah saya bersumpah akan memenuhi kewajiban saya sebagai Wakil gubernur dengan sebaik-baiknya dan seadil-adilnya, memegang teguh UUD Negara Republik Indonesia 1945 dan menjalankan segala undang-undang dan peraturannya dengan selurus-lurusnya,” ujar Isdianto mengikuti ucapan Jokowi.

Rohaniawan tampak memegang Al Quran di atas kepala Isdianto. Prosesi pelantikan dilanjutkan dengan acara penandatanganan berita acara pelantikan disaksikan Presiden Jokowi.

Proses yang berlangsung tak lebih dari sepuluh menit ini dibuka dan ditutup dengan lagu Indonesia Raya. Usai pengambilan sumpah, Isdianto bersama istri Hj Rosmerry Isdianto mendapat ucapan selamat dari Presiden Jokowi.

Ucapan selamat juga diberikan Wakil Presiden HM Jusuf Kalla dan Ketua MPR RI Zulkifli Hasan serta Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto. Sejumlah pimpinan kementerian dan lembaga juga memberi ucapan selamat di antaranya Sekretaris Kabinet Pramono Anung dan Mendagri Tjahjo Kumolo.

Isdianto dilantik berdasarkan Keppres Nomor 44/P/2018. Usai mengucapkan sumpah, Isdianto kemudian menandatangani berkas acara pengambilan sumpah bersama Presiden Joko Widodo.

Dari Kepri, hadir langsung Gubernur H Nurdin Basirun dan Sekdaprov H TS Arif Fadillah. Hadir juga Ketua DPRD Kepri Jumaga Nadeak, Kajati Kepri Dr Asri Agung, Danrem 033 Wira Pratama Brigjen Gabreil Lema, Danlantamal Tanjungpinang Laksma Ribu Eko Suyatno, dan Wakapolda Kepri Brigjen Pol Yan Fitri Halimansyah serta Kabinda Kepri.

Tampak hadir pada pelantikan itu sejumlah anggota DPRD Kepri, Kepala OPD Kepri, mantan Gubernur Kepri Ismeth Abdullah, anggota DPR RI dapil Kepri Dwi Ria Latifa, Bupati Bintan Apri Sujadi, Wakil Wali Kota Batam Amsakar Ahmad, serta kerabat Isdianto.

Gubernur Nurdin jadi dengan dilantiknya Isdianto pelayanan kepada masyarakat akan semakin maksimal. Apalagi kondisi Kepri yang membentang dengan luas laut mencapai 96 persen.

Nurdin yakin sinergi Pemprov Kepri bersama DPRD dan sejumlah pemangku kepentingan akan membawa pada upaya peningkatan kesejahteraan masyarakat. Bagi Nurdin, amanah yang diberikan harus dimanfaatkan untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat. ”Semuanya akan semakin baik dan maksimal, terlebih pelayanan untuk masyarakat,” kata Nurdin.

Dalam pada itu, Sekdaprov H TS Arif Fadillah mengatakan komposisi pucuk pimpinan di Pemprov Kepri sudah lengkap. Arif juga yakin semuanya akan membuat pelayanan kepada masyarakat semakin optimal.

Arif berpesan agar para pegawai terus meningkatkan kinerja. Karena sekarang semua harus berpacu meningkatkan kinerja dalam memberikan yang terbaik kepada masyarakat.

Pelantikan Isdianto disejalankan dengan pelantikan Hakim Mahkamah Konstitusi Prof Arief Hidayat. Arif dilantik sekitar pukul 14.15 WIB. Setelah Arief baru Isdianto dilantik sebagai Wakil Gubernur Kepri.

Ditemui usai dilantik, Isdianto kembali menegaskan komitmennya untuk segera menyatu dengan Gubernur Kepri H Nurdin Basirun menjalankan roda pemerintahan. Tak hanya Itu, setiap tugas yang didelegasikan kepadanya, akan dilaksanakan sebaik mungkin. ”Insyallah, akan saya kerjakan dengan sebaik mungkin,” katanya.

Kepala Pusat Penerangan (Kapuspen) Kemendagri RI Arief M Edie mengatakan, Isdianto tak sendiri dilantik, namun bersama Hakim Mahkamah Konstitusi (MK) Prof Dr Arief Hidayat sekira pukul 02.00 siang.(MARTUNAS-SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here