STT Ibnu Sina Batam Gelar KKL di Empat Daerah

0
620
Wakil Ketua Yayasan Pendidikan Ibnu Sina Batam, Muhtamiruddin Hamzah melepas KKL mahasiswa STT Ibnu Sina, Kamis (19/4) kemarin.F-istimewa

BATAM – Sekolah Tinggi Teknik (STT) Ibnu Sina Batam menggelar Kuliah Kerja Lapangan (KKL). Pelaksanaan Kuliah Kerja Lapangan (KKL) Tahun Akademik 2017/2018 resmi dibuka. Tahun ini, merupakan catatan sendiri karena keikutsertaan mahasiswa terbanyak sepanjang sejarah berdirinya STT Ibnu Sina Batam, yakni 219 mahasiswa.

Wakil Ketua Yayasan Pendidikan Ibnu Sina Batam, Muhtamiruddin Hamzah mengatakan, pelaksanaan KKL kali ini juga dilakukan di empat daerah di Provinsi Kepri, yakni Kota Batam, Kota Tanjungpinang, Kabupaten Bintan dan Kabupaten Karimun. Dimana seluruh peserta KKL dibagi dalam beberapa kelompok dan disebar di empat daerah tersebut.

Baca Juga :  Mahasiswa STAIN-SAR Kepri Selesaikan PPL

”Rangkaian kegiatan KKL ini awalnya dilakukan di Kota Batam. Seluruh peserta ditemani para pembimbing mendatangi sekolah, Industri Kecil Menengah (IKM), PKK dan lainya untuk memberikan penyuluhan atau materi-materi peningkatan produktifitas. Kegiatan ini, sudah berjalan beberapa pekan lalu,” katanya saat upacara pelepasan KKL di Lapangan Yayasan Pendidikan Ibnu Sina, Kamis (19/4).

Ditambahkannya, untuk kegiatan di Tanjungpinang, Karimun dan Bintan dilakukan selama empat hari, mulai Kamis (19/4) sampai Minggu (22/4). Saat mahasiswa berada di Pulau Bintan dan Karimun, mereka selain melakukan penyuluhan juga ada pengerjaan ragam fasilitas umum, seperti membuat MCK, sumur, pengecatan masjid hingga gotong-royong. ”Kegiatan KKL ini dapat memberikan manfaat lebih kepada mayarakat yang dikunjungi. Bukan hanya transfer ilmu tapi juga pemanfaatan infrastruktur yang dibangun,” tegasnya.

Baca Juga :  Pemkab Anambas Kuliahkan 27 Anak Daerah di SBTI

”Saya berharap kegiatan ini memberikan dampak yang signifikan,” ujar Muhtamiruddin.

Di kesempatan itu, ia juga meminta kepada seluruh peserta KKL untuk tetap menjaga nama baik kampus. Perjalanan ke beberapa daerah bukan untuk bersenang-senang semata. ”Ini bukan perjalanan wisata, karena yang kita kunjungi dikenal sebagai daerah wisata. Saya minta, semua jaga nama baik kita,” ujarnya.

Sementara itu, Ketua Panita KKL, Albertus L Setyabudi MT mengatakan, kegiatan ini merupakan kesempatan bagi mahasiswa untuk menggoreskan sejarah setelah melakukan perencanaan dari awal. ”Tinggal goresan mau baik atau jelek. Namun saya berharap semua memberikan yang terbaik di tengah masyarakat,” ujarnya.

Baca Juga :  Fakultas Ekonomi UMRAH Kaji FTZ dan KEK Kepri

Katanya, penempatan peserta KKL di Kabupaten Bintan akan berada di Desa Berakit, Kecamatan Teluk Sebong, sementara Kota Tanjungpinang berada di Kelurahan Dompak Kecamatan Bukit Bestari dan Karimun berada di Desa Pangke Kecamatan Meral. (bas)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here