Suara PDIP Pecah di Pilwako

0
1092
TAMU REDAKSI: H Lis Darmansyah didampingi Rahma saat mengunjungi ruang redaksi harian Tanjungpinang Pos tahun lalu.F-SUHARDI/TANJUNGPINANG POS

Majunya Rahma menjadi bakal calon Wakil Wali Kota Tanjuungpinang mendampingi H Syahrul bisa mengancam suara Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Tanjungpinang.

TANJUNGPINANG – Rahma merupakan kader PDIP yang kini digadang-gadang maju di Pilkada melawan atasnya H Lis Darmansyah sebagai Sekretaris DPD PDIP Kepri, juga menjabat Wali Kota Tanjungpinang. Rahma bakal diusung Golkar yang masuk dalam Koalisi Anak Pinang (Golkar, Demokrat, PKPI dan PPP) dan Partai Gerindra itu sendiri.

”Rahma kata kita-kita atau orang sering sebut melawan toke,” kata Endri Sanopaka, Pengamat Politik dari Stisipol Raja Haji Tanjungpinang kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (3/1).

Menurut dia, ada dua kemungkinan kenapa nama Rahma muncul jelang pendaftaran calon di KPU Tanjungpinang. Selama ini masyarakat mengira yang mendampingi H Syahrul adalah Ade Angga (Golkar) atau Iskandarsyah (PKS). Pertama, kata Endri, ini bisa jadi strategi politik PDIP untuk menang di Pilwako Tanjungpinang. Sehingga PDIP rela mengobarkan kadernya, yang memiliki daya tarik lawan politiknya. Supaya lawan politiknya mau mengambil kader PDIP untuk dijadikan calon Wakil Walikota Tanjungpinang.

Baca Juga :  Harus Bisa Kurangi Pengangguran dan Banjir

Atau kedua, lanjutnya, memang sudah terjadi konflik di internal PDIP sehingga membuat Rahma tidak betah dan hengkang dari PDIP. Dengan adanya konplik itu, menjadi peluang hingga dimanfaatkan para elite politik di Tanjungpinang.

”Yang kita ketahui Ibu Rahma itu Ketua PAC PDIP Tanjungpinang Timur. Karena wilayah Tanjungpinang Timur salah satu basis politik terbesar PDIP. Kalau tidak salah saya, bertambah kursi PDIP di dewan dari wilayah Tanjungpinang Timur saat pileg 2014 lalu,” ucap Endri.

Selain itu, katanya, suara perempuan juga bakal terpecah. Karena sudah ada dua figur perempuan maju sebagai calon Wakil Walikota Tanjungpinang tahun 2018.

Baca Juga :  Huzrin Hood Deklarasi di Karimun

Ada Maya Suryanti yang mendampingi Lis Darmansyah, dan Rahma mendampingi H Syahrul di Pilwako Tanjungpinang ini.

”Sekarang butuh royalitas dari masing-masing calon kepala daerah tersebut. Sehingga membuat masyarakat tertarik hingga memilih pasangan calon Walikota dan Wakil Walikota Tanjungpinang nanti. Ya, butuh kerja ekstra,” sebut dia.

Sementara itu, Sekretaris DPD PDI Perjuangan Kepri Lis Darmansyah juga bakal jadi rival Rahma di Pilkada mendatang, mengaku, belum mendapat laporan resmi atas majunya ketua PAC PDIP Tanjungpinang Timur Rahma, maju sebagai calon wakil Walikota Tanjungpinang.

Baca Juga :  Dari Bincang Santai, Sampai Kapasitas ASN

”Selagi dirinya belum melepas kartu anggotanya, Ibu Rahma masih kader aktif PDIP,” jelas Lis kepada wartawan di Kantor Gubernur Kepri Dompak, Rabu (3/1).

Lis justru mengaku, bahwa rencana majunya Rahma pada Pilkada mendatang berpasangan dengan H Syahrul, informasi sudah berkembang sejak satu bulan lalu.

”Kami tunggu etikat baik Bu Rahma. Datanglah ke kantor partai. Paparkanlah alasan kenapa maju,” papar Lis. (ANDRI DS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here