Subhanallah, Pohon Kurma di Masjid Agung Berbuah

0
690
kurma: Demi menjaga buah kurma yang kembali berbuah di Masjid Agung harus diberi pagar guna menghindari dari tangan jahil. F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

Natuna – Setelah beberapa tahun tak terlihat berbuah, kini pohon kurma yang berada di halaman Masjid Agung Natuna berbuah lagi.

Hal ini membuat warga bangga akan tanah Natuna yang bisa mengahasilkan buah kurma. Pasalnya, sangat sedikit pohon kurma yang ada di Indonesia yang berbuah

Tjitjo, pengurus Masjid Agung Natuna mengatakan, pohon kurma itu usianya seumur dengan Masjid Agung Natuna. Setelah pohon itu besar, tumbuhan yang biasa subur di lahan padang pasir itu sudah beberapa kali berbuah.

”Ya, dulu sekitar 2013 berbuah pertama kali. Buahnya banyak dan pohonnya subur. Sekarang berbuah lagi,” katanya di Masjid Agung Natuna, Jumat (3/2).

Tjitjo mengaku tanah Natuna terbukti bisa menghasilkan buah kurma dan kurma bukan hanya bisa tumbuh dan berbuah di padang pasir Timur Tengah saja.

Setelah berbuah, kurma itu dipagar agar tidak terganggu oleh masyarakat yang penasaran dengan buah kurba ini. Apalagi, ini dianggap penomena langka hingga menjadi tontonan warga.

”Banyak warga yang meminta buahnya, katanya mau dibikin obat. Makanya kita pagar biar aman. Dan kalaupun ada warga yang perlu biar melalui pengurus masjid,” pungkasnya.

Hamid, seorang warga mengaku baru kali ini mengetahui kurma itu berbuah. Ia mengaku tertarik menanam tumbuhan yang tahan panas itu di pekarangan rumahnya.

”Aduuh, ternyata seperti ini kurma berbuah, ya. Saya juga mau lah nanam juga,” ungkapnya.

Ia mengaku ada baiknya bila itu dilestarikan oleh masyarakat agar bisa memberikan sisi lain di dunia tetumbuhan Natuna.

”Kalau ini dibudidaya dalam skala agak besar mungkin bisa juga jadi ikon Natuna,” tutupnya. (hardiansyah)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here