Sudah Lama Rekaman, KTP Tak Siap-siap

0
554

MBS Disdukcapil kapan selesainya penghapusan data saya dari pusat???? Sudah sangat lama saya menunggu, dan sudah 2 kali rekam e-KTP. Tapi masalahnya yang terjadi selalu muncul duplikat data. Waktu pertama sekali foto di kecamatan bukit Bestari 4 tahun yang lalu, katanya data saya duplikat dengan sidik jari suami. Sesudah 2 tahun, 2016 saya urus lagi dan sudah minta data dihapus dan oleh Disdukcapil katanya data sudah dihapus dan diminta rekam ulang. Sesudah itu saya menunggu pengambilan E-KTP di kelurahan bukit Bestari. Tetapi permasalahan nya blanko kosong. Sesudah itu e-KTP blom keluar juga saya disuruh kembali ke Disdukcapil ternyata rekam yang kedua juga duplikat. Terus saya disuruh buat surat permohonan penghapusan data dan sudah saya buat Agustus tahun 2017 dan sampai sekarang data belom dihapus dari pusat katanya. Bagaimana nasib e-KTP saya pak? Sudah 5 tahun saya menunggu. sebagai warna negara yang baik, saya butuh KTP-el
081372918274

Tanggapan:
Terima kasih atas kritikannya. Perlu juga masyarakat ketahui mekanisme pembuatan KTP Elektronik. Untuk di Tanjungpinang, ada dua tempat perekaman KTP-el. Pertama di kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tanjungpinang dan di kantor Camat Tanjungpinang Barat.

Bagi yang sudah melakukan perekaman, tapi KTP-elnya belum selesai, masyarakat juga harus rajin-rajin ke kantor Disdukcapil menayakan langsung ke pegawai Disdukcapil. Apakah KTP-nya sudah selesai atau tidak. Sebab, bila sistem atau data warga telah diterima oleh server Disdukcapil yang berada di Kemeterian Dalam Negeri (Mendagri), maka KTP-el warga sudah bisa langsung di cetak. Sebelumnya, kendala yang dialami pemerintah daerah, banyak KTP-el mau dicetak tapi saat itu, blangko KTP kosong. Tapi, sekarang blangko KTP tersedia. Jadi, bagi yang sudah melakukan perekaman, ya rajin-rajin ke kantor Disdukcapil untuk menanyak KTP-nya sudah jadi, atau belum.

Perlu juga masyarakat ketahui, bagi masyarakat yang melakukan perekaman KTP-el, tapi KTP-elnya belum di cetak, masyarakat diberikan surat keterangan (suket) penganti KPT. Fungsi suket ini sama dengan KTP, bisa digunakan administrasi pemerintahah, perbankan, dan dimana saja. Suket ini hanya berlaku enam bulan saja, setelah bulan bila KTP-el belum juga keluar, makan suketnya di perpanjang. Diimbau kepada masyarakat untuk melakukan perekaman KTP-el agar suara diakomodir di Pemilu 2019. Sebab, Pemilu 2019 tidak berlaku lagi suket. (dri/bas)

Irianto
Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tanjungpinang,

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here