Suhu Kepri di Atas 34 Derajat

0
446

Kepri Alami Fenomena Equinox

TANJUNGPINANG – Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Kota Tanjungpinang memperkirakan mulai, Rabu (21/3) sampai Jumat (23/3), wilayah Provinsi Kepri salah satu terkena dampak fenomena equinox yaitu matahari tepat berada di atas garis khatulistiwa.

Prakirawan Stasiun BMKG Tanjungpinang, Ardhito kepada Tanjungpinang Pos, Minggu (18/3) menuturkan, matahari bahkan masih terasa menyengat sampai pukul 18.00 wib. Menurutnya, fenomena equinox dialami dua kali dalam setahun. Terjadi pada Maret dan September mendatang. Suhu udara bisa mencapai rata-rata 33-34 derajat celcius.

Kejadian tersebut, menurut catatan BKMG, juga melintasi beberapa provinsi di wilayah Indonesia. Di antaranyaTernate, Maluku Utara, Sulawesi Tengah, Kalimantan Timur, Kalimantan Tengah, Kepulauan Riau, Riau, Sumatera Barat dan berakhir di Pulau Telo Sumatera Utara.

“Nantinya matahari sampai menjelang waktu salat magrib masih akan panas,” terangnya. Dia menjelaskan, equinox ialah gerak semu matahari yang berada tepat di atas garis Khatulistiwa. Fenomena ini disebabkan pergerakan bumi pada porosnya atau rotasi bumi dan evolusi (pergerakan) bumi terhadap matahari.

Pada saat fenomena ini, durasi siang dan malam di seluruh bagian bumi relatif hampir sama, termasuk pada wilayah subtropis di bagian utara maupun selatan. (ais)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here