Suhu Ibu Kota 33,2 Derajat Celcius

0
72
Prakirawan cuaca Stasiun BMKG Kota Tanjungpinang, Ardhito memantau cuaca di Ibu Kota Tanjungpinang , kemarin. f-andri/tanjungpinang pos

Cuaca panas dengan suhu ekstrem saat ini sedang melanda Tanjungpinang dan sekitarnya. Panas yang dirasakan begitu menyengat bagi kulit manusia.

TANJUNGPINANG – Diperkirakan cuaca ekstrem akan berlangsung hingga satu pekan ke depan.

Suhu panas di wilayah Tanjungpinang dan sekitarnya yang terjadi beberapa hari belakangan merupakan dampak dari siklon tropis Tembin. Hal tersebut mengakibatkan terjadinya monsoon break atau perubahan iklim.

Hal ini diungkapkan Prakirawan Stasiun Badan Mterologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) Tanjungpinang, Ardhito, kemarin.

”Cukup panas, suhu udara saat ini mencapai 33,2 derajat celsius. Kondisi suhu udara terasa panas diprediksi akan berlangsung satu pekan ke depan, terhitung sejak 1-6 Oktober 2018 mendatang,” kata Ardhito, kemarin.

Menurut Ardhito, kondisi suhu saat ini terbilang cukup tinggi mencapai 33,2 derajat celsius. Masyarakat diminta hati-hati saat beraktivitas di luar rumah. Ia sarankan agar banyak minum air putih saat beraktivitas di luar kantor.

Menurutnya, kondisi seperti ini didukung dengan adanya rendahnya kelembaban yang mencapai 56 persen.

Selain itu, kata dia akibat kencangnya tiupan angin lapisan atas juga mengakibatkan awan-awan tidak menutupi cahaya matahari yang masuk. Sehingga radiasi matahari langsung menuju ke bumi dalam jumlah yang banyak .

”Paling utama disebabkan siklon tropis terjadi di daerah laut Cina Selatan,” ucap dia.

Sehingga, lanjut dia, membuat awan-awan pada tertarik hingga masih berada di daerah Laut Cina Selatan. Kondisi seperti ini, membuat sedikitnya pertumbuhan awan terjadi di daerah Provinsi Kepri termasuk di Kota Tanjungpinang.

”Kalau banyak awan, tidak akan panas seperti sekarang,” terang dia. Ia menghimbau, kepada masyarakat untuk tetap waspada munculnya kebakaran lahan karena suhu cukup panas. (ANDRI DS)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here