Suket Berlaku di Pilwako

0
308
Warga saat melakukan perekaman KTP-el di Kantor Disdukcapil Tanjungpinang, Minggu (24/6). f-andri/tanjungpinang pos

Antusias warga cukup tinggi melakukan perekaman Kartu Tanda Penduduk (KTP) Elektronik, khusus di hari libur, Sabtu dan Minggu, kemarin.

TANJUNGPINANG – Tercatat di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) sejak pelayanan hari libur dibuka perdana, Sabtu (23/6), ada 150 warga melakukan perekaman dan 150 suket dikeluarkan. Hal sama juga terjadi di pelayanan Minggu (24/6). Sedangkan pelayanan hari biasa, Disdukcapil hanya mampu melayani 60-70 perekaman saja.

Tingginya masyarakat memanfaatkan hari libur untuk melakukan perekaman, agar mereka mendapatkan suket penganti KTP-el supaya bisa mencoblos di Pilkada Tanjungpinang. Pilwako Tanjungpinang akan digelar Rabu (27/6) ini. Pantauan Tanjungpinang Pos Minggu kemarin, warga memadati ruang perekaman KTP-el berada di lantai satu Kantor Disdukcapil Kota Tanjungpinang sejak dibuka pelayanan. Satu persatu warga memasuki ruang perekaman, untuk perekaman sidik jari, tanda tangan hingga foto wajah.

Kepala Disdukcapil Kota Tanjungpinang, Irianto mengatakan, pelayanan perekaman KTP-el yang diterapkan pada hari libur, berdasarkan surat edaran dari Dirjendukcapil. Agar pelayanan kependudukan bisa terlayani dengan baik agar masyarakat bisa secepatnya memiliki KTP-el, yang dikeluarkan Disdukcapil Kota Tanjungpinang.

Pelayanan kependudukan dibuka pada hari libur tidak hanya berlaku di Disdukcapil Kota Tanjungpinang. Tapi, berlaku dan diterapkan di Disdukcapil kabupaten/kota yang tersebar di seluruh Indonesia, yang sedang menggelar Pilkada serentak di tahun 2018 ini. Ada 171 daerah yang menggelar pilkada tahun ini.

”Alhamdulillah, hari Sabtu kita sudah keluarkan suket sebanyak 150 lembar. Artinya, ada 150 orang yang sudah melakukan perekaman KTP-el di hari libur. Minggunya kurang lebih sama dengan hari Sabtu,” kata Irianto kepada Tanjungpinang Pos di Kantor Disdukcapil Kota Tanjungpinang, Minggu (24/6).

Kata Irianto, masyarakat yang sudah lama melakukan perekaman, sudah sebagian KTP-el-nya di cetak. Minggu kemarin, petugas telah mencetak 300 KTP-el. Ia minta kepada masyarakat yang masih totalnya kurang lebih 5000 lagi belum melakukan perekaman, agar mendatangi Kantor Disdukcapil Kota Tanjungpinang dan Kantor Camat Tanjungpinang Barat untuk melakukan perekaman.

Ia mengharapkan bagi yang sudah memegang suket, juga harus rajin-rajin ke Disdukcapil untuk menanyakan apakah KTP-el sudah dicetak atau belum.

Saat itu, warga harus membawa suket miliknya ke kantor Disdukcapil agar petugas bisa langsung mengecek KTP-el warga tersebut, sudah bisa dicetak atau belum.

Kalau sudah bisa, petugas tersebut langsung cetak KTP-el milik warga. Warga tidak usah menunggu lama lagi di Kantor Disdukcapil Kota Tanjungpinang. Karena hanya sekitar satu menit saja, KTP-el sudah bisa dimiliki warga tersebut. ”Alhamdulillah, hari Minggu ini sinyalnya bagus. Jadi, kita bisa cepat cetak KTP-el milik warga,” terang dia.

Berbeda dengan Sabtu (23/6) kemarin, yang terkendala dengan sinyal. Jadi, pada saat itu pihaknya hanya mampu cetak 50 KTP-el milik warga. Disaat itu juga, KTP-el langsung dibagikan berdasarkan warga yang menyerahkan suket kepada petugas Disdukcapil Kota Tanjungpinang.

Sampai saat ini, ia katakan, masih ada sekitar 5.000 orang yang wajib KTP, belum melakukan perekaman KTP-el. Mereka semua yang memiliki hak suara untuk mencoblos pada 27 Juni 2018 nanti. Oleh karena itu, ia mengajak dan mengimbau, kepada masyarakat untuk sadar melakukan perekaman KTP-el. ”Karena suket syarat untuk menyalurkan hak pilihnya di Pilwako Tanjungpinang,” sebut dia. (ANDRI-ABAS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here