Suket Bisa Digunakan Memilih di Pilpres

0
365
Suasana pelayanan KTP-el di kantor Disdukcapil Kota Tanjungpinang beralamat Jalan Kijang Lama Tanjungpinang.f-andri/tanjungpinang pos

MBS. YTH Dukcapoil Kota dan DPRD Kota Tanjungpinang. Saat pemilu 2019 SUket sudah tidak berlaku lagi. Jadi Dukcapil harus membuat servise level pembuatan KTP-el dari mulai rekaman hingga jadi. Dan DPRD juga harus menggunakan fungsi kontrol dan pengawasanya jangan seperti saat ini saling menyalahka. Masyarakat juga tidak bngung dengan kondisi seperti ini karena pasti berulang jika aa Pilkada, Pileg, Pemilu. Dukcapil berapa hari KTP-el bisa jadi dari mulai rekaman sampai selesai dan bisa ambil?
08117776750

Tanggapan:
Terima kasih atas perhatinnya.
Sesuai instruksi dari Menteri Dalam Negeri (Mendagri) Tjahjo Kumolo, yang mengharapkan partisipasi masyarakat dalam Pemilu 17 April 2019 mendatang akan meningkat pesat.

Baca Juga :  Benahi Lokasi Lomba

Terutama setelah putusan MK terbaru bahwa masyarakat bisa menyalurkan hak pilihnya hanya dengan bekal surat keterangan (Suket) sudah merekam data KTP-el yang diterbitkan oleh Dispendukcapil Kabupaten Kota. Menteri yang juga politisi PDIP ini mengatakan kemudahan menyalurkan hak pilih ini harus dimanfaatkan masyarakat secara maksimal.

Seperti putusan MK. Bagi yang sudah punya e-KTP tapi belum terdaftar di DPT boleh memilih, datang ke TPS sesuai domisili.

Bagi yang punya Suket belum sempat mengurus e-KTP, MK juga sudah putuskan dia boleh nyoblos menggunakan Suket itu.

Baca Juga :  Beras Bulog Harus Bagus

Pria yang juga pernah menjadi wakil rakyat di DPR RI enam periode ini menyebut, Suket dianggap sama sahnya dengan KTP-el. Sebab Suket diterbitkan oleh Dispendukcapil dan berlaku sah untuk mengurus dokumen lain yang membutuhkan data kependudukan. Sehingga sebagaimana sudah diputuskan MK, Suket juga sah untuk mencoblos.

Karena Suket tidak bisa dimanipulasi. Suket sudah punya NIK, jadi yakin sudah. Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Tanjungpinang, Irianto menyatakan, pelayanan rekaman KTP-el, tetap dibuka di hari libur. Tetap diberikan pelayanan di hari Sabtu-Minggu dan hari libur. Ini untuk meningkatkan pemilih dan mempercepat bagi warga yang belum melakukan rekaman KTP-el. (bas)

Baca Juga :  Ayo Contoh Negeri Seberang

Tjahjo Kumolo
Menteri Dalam Negeri

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here