Suket Pengganti KTP-el Rawan Disalahgunakan di Pilkada

0
859
SUKET: Kadisdukcapil Kota Tanjungpinang, Irianto menunjukkan surat keterangan penganti KTP-el dikenal suket milik warga Tanjungpinang yang sudah ditandatangani oleh dirinya.

Pemilihan Wali Kota Tanjungpinang 2018 diharapkan mampu terselenggara dengan sebaik-baiknya tanpa ada kecurangan. Jangan sampai ada penyalahgunaan penerbitan surat keterangan (suket) yang diberikan kepada calon pemilih yang belum memiliki KTP-elektronik.

TANJUNGPINANG – Hal ini diungkapkan Pengamat Politik Kepri, Endi Maulidi, kemarin. ”Kita akui Disdukcapil sudah mengeluarkan banyak Surat Keterangan (SK) pengganti KTP-el untuk warga yang memiliki hak pilih. Ini dikeluarkan karena blangko KTP minim. Kita khawatir SK pengganti KTP-el ini disalahgunakan saat pilkada nanti,” sebutnya. Kata dia, rawannya bisa saja bukan warga Tanjungpinang tapi diberi Suket.

SK pengganti KTP tersebut sangat mudah untuk memobilisasi kecurangan paslon kepala daerah untuk menang pada pertarungan pemilukada. Tapi, ia melihat selama pilkada di Tanjungpinang, berlangsung aman dan tertib.

Baca Juga :  Candra Pendaftar ke-13 di Partai Nomor 13

”Jangan sampai ada SK penganti KTP-el palsu beredar di tengah masyarakat,” tegasnya. Ia menambahkan, dalam peraturan KPU bahwa bagi warga yang mempunyai KTP-el atau SK pengganti KTP-el boleh memilih di wilayah tersebut sepanjang data kependudukannya diakui oleh Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil.

Sementara itu, Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Kadisdukcapil) Kota Tanjungpinang, Irianto mengkalim, kalau surat keterangan (suket) yang dikeluarkan olehnya paling safety di pemilihan kepala daerah (Pilkada) Tanjungpinang, mendatang. Karena suket yang dimiliki masyarakat Tanjungpinang tercantum QR Code. Setiap suket berbeda bentuk QR Code. Bagi masyarakat Tanjungpinang yang memiliki handphone adroid, bisa langsung mencoba untuk mengecek kebenaran pada QR Code di suket tersebut. Nanti, akan muncul nama serta alamat dan data kendudukan lainnya sesuai suket yang dimiliki masyarakat tersebut.

Baca Juga :  Huzrin: Lis-Syahrul Pasti Berpasangan Lagi

”Kalau tidak percaya, Anda uji saja kebenaran barkot itu,” kata Irianto kepada Tanjungpinang Pos disela selesai mendapingi Wako Tanjungpinang, H Lis Darmansyah meresmikan Kantor Disdukcapil Kota Tanjungpinang berada di Jalan Kijang Lama Tanjungpinang, Rabu (5/7). Kata mantan Kepala Satuan Polisi Pamong Praja (Kasat Pol PP) Kota Tanjungpinang suket yang telah ditandatanganinya tidak bisa di palsukan oleh oknum tak bertanggung jawab di Pilkada Tanjungpinang nanti.

”Suket se-Kepri, kit lah di Tanjungpinang yang paling safety. Karena hanya suket kita yang punya QR Code. Dan tak bisa dipalsukan,” tegas dia. Hingga saat ini, kata dia, ada sekitaran 5.000 an suket yang dimiliki masyarakat Tanjungpinang. Suket dikeluarkan, apabila masyarakat sudah melakukan perekaman KTP elektronik di Kantor Disdukcapil Kota Tanjungpinang. ”Hari itu juga kita berikan suket kepada masyarakat yang telah melakukan rekaman,” terang dia.(ABAS-ANDRI)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here