Sukses Gelar Lomba Kreatif

0
97
PESERTA lomba SRAF foto bersama di Auditorium Kampus STAIN-SAR Kepri. f-istimewa

Pramuka STAIN-SAR Tanjungpinang Genap Setahun

Setahun sudah umur Gerakan Pramuka Racana Sekolah Tinggi Agama Islam Sultan Abdurrahman (STAIN-SAR) Kepulauan Riau, mereka sukses menggelar lomba kreatif dan lucu di bidang kepramukaan.

BINTAN – Gerakan Pramuka Racana STAIN-SAR sukses menggelar perlombaan Scout Creative and Fun (Scraf) tingkat Penegak dan Pandega se-Kwarcab Bintan.

Kegiatan itu berlangsung selama 3 hari dimulai Jumat (26/4) hingga Minggu (28/4) di Bumi Perkemahan Kampus STAIN-SAR.

Ada 6 cabang perlombaan yaitu Sangga Terbaik, Ranking 1, Hiking atau Penjelajahan, Pionering, Pentas Seni, dan Kreasi Nusantara.

Kegiatan ini bertujuan untuk menumbuhkan cikal bakal Pramuka yang berwawasan luas dan mempunyai kreativitas tinggi.

Selain itu, untuk meningkatkan tali silaturahmi khususnya antar setiap anggota Pramuka. Tema kegiatan adalah, ‘Show Your Action Find The Passion With Scout’.

Kegiatan ini dihadiri oleh Wakil Ketua Bidang Anggota Muda Kwarcab Bintan Suyatno. S.Pd yang mewakili Ketua Kwartir Cabang Bintan.

Selain itu juga, dihadiri oleh perwakilan Kwartir Ranting Toapaya, Perwakilan Dewan Kerja Cabang Bintan dan juga dosen, staf sekaligus mahasiswa STAIN Sultan Abdurrahman.

Dalam kata sambutan yang disampaikan oleh ketua STAIN Sultan Abdurrahman, Dr. Muhammad Faisal, M.Ag berharap, bahwa ke depannya kegiatan SRAF akan menjadi kegiatan rutin.

”Selain itu, mampu melebarkan sayap dan tidak hanya mengundang Penegak dan Pandega di Kabupaten Bintan saja. Namun juga penegak di Provinsi Kepulauan Riau, bahkan dari daerah lainnya,” jelas Dr. Muhammad Faisal.

Belum lama ini, Pramuka Kampus STAIN-SAR mengikuti kegiatan Forum Ketua Dewan Perguruan Tinggi Keagamaan (FKD-PTK) se-Indonesia.

Gerakan Pramuka Racana (GPR) Universitas Islam Negeri (UIN) Sunan Gunung Djati menjadi tuan rumah, untuk pelaksanaan kegiatan FKD PTK se-Indonesia pertama kali.

Kegiatan itu merupakan kegiatan tindak lanjut dari musyawarah Ketua Dewan Pramuka pada kegiatan PW-PTK di Riau.

Kegiatan ini bertujuan untuk pengembangan diri (soft skills) kepramukaan dan keterampilan serta membentuk pandangan berpikir bersama mengenai pola dan mekanisme pembinaan penegak dan pandega yang ada di perguruan tinggi.

Sekaligus, sebagai ajang silaturahmi dengan Ketua Pramuka seluruh Indonesia.

”Kegiatan FKD PTK se-Indonesia ini diikuti kurang lebih 36 perguruan tinggi dan sejumlah 86 peserta ketua dewan racana dan ambalan. Alhamdulillah, salah satu perguruan tinggi negeri di Kepri dapat mewakili kampus dan provinsi dalam kegiatan nasional yang diadakan di Bandung. Semoga tahun depan, GPR STAIN Sultan Abdurrahman Kepulauan Riau dapat mensukseskan dan ikut serta lagi dalam forum ini,” jelas Sindy, Ketua Dewan Racana Putri Kampus STAIN-SAR Kepri, kemarin.

Kegiatan ini diadakan selama 3 hari berturut-turut, mulai dari tanggal 5 hingga 7 April di Hotel Bumi Kitri Jalan Cikutra No. 276, Neglasari, Cibeunying Kaler, Bandung, Jawa Barat.

Forum ini, lanjut Sindy, mengusung slogan ‘Pramuka Membangun Bangsa”.

Dari tema itu, maka diharapkan semoga diskusi ini menjadi wadah bagi para ketua dewan untuk membangun bangsa.

Selan itu, diskusi tersebut agar ketua-ketua dewan menjadi lebih aktif, kreatif serta inovatif dalam menjalankan amanah digugus depannya masing-masing.

”Kegiatan diskusi ini memberikan solusi terhadap permasalahan yang ada, baik di Gudep masing-masing atau umumnya pada UKM atau UKK pada setiap perguruan tinggi,” jelas Sindy, mahasiswi Prodi Hukum Ekonomi Syariah semester IV STAIN-SAR.(ADLY ‘BARA’ HANANI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here