Sumber Air Estuari Dam Busung Belum Ditetapkan

0
818
KAWASAN ESTUARI: Sungai Busung ini menjadi kawasan sumber air untuk pembangunan estuari dam Busung, beberapa tahun ke depan. F-Jendaras/TANJUNGPINANG POS

Bintan – Lokasi-lokasi sumber air untuk pembangunan estuari dam Busung seluas 4 ribu hektare, hingga saat ini belum ditetapkan.

Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan Daerah (Bapelitbangda) Kabupaten Bintan akan memplotkan kawasan Desa Busung, yang masuk dalam rencana pembangunan estuari dam itu.

Namun, hingga saat ini, pihak Bapelitbangda Bintan masih menunggu hasil final dari Satker pembangunan dam tersebut.

Kepala Bapelitbangda Bintan Wan Rudy Iskandar, melalui Kabid Infrastruktur Wan Afandi mengatakan, untuk kewenangan rencana pembangunan estuari dam Busung tersebut merupakan kewenangan Satker pusat.

Sehingga seluruh penelitian, sosialisasi termasuk proses ganti rugi lahan dilakukan oleh pihak Satker.

”Saat ini kawasan tersebut memang sudah merupakan wilayah sumber air. Namun, akan kami plotkan lagi, luasan kawasan sumber air yang ada, ke dalam tata ruang Kabupaten Bintan,” sebutnya, Rabu (8/2).

Ia mengatakan, untuk melakukan plot kawasan tersebut, pihaknya akan masih menunggu finalisasi data dari Satker dan pihak Badan Wilayah Sungai (BWS), guna menentukan wilayah yang akan dibangun.

”Karena kewenangan semuanya di Satker APBD dan bukan di Kabupaten Bintan. Kami masih menunggu seperti apa kajian akhir mereka. Sehingga nanti, baik dari Satker dan Pemkab Bintan dapat sejalan,” sebutnya.

Meski demikian, guna kepentingan nasional dan ketersediaan air bersih di Kepri, pihak kabupaten mendukung rencana pembangunan estuari dam tersebut.

Sebelumnya, anggota Komisi II DPRD Bintan Zulkifli mengatakan, dari pihak Kementerian PU pusat, sedang melakukan survei dan penelitian di kawasan Busung.

Ada sekitar 4 ribu hektare yang digunakan untuk pembangunan estuari dam Busung. Anggaran untuk pembangunan estuari dam Busung ini melebihi Rp 1 triliun.

”Pemkab Bintan setuju saja, asalkan dikelola Pemkab Bintan. Sehingga ada PAD untuk Pemkab Bintan,” kata Zulkifli.(AAN-yendi)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here