Sungai Carang Jadi Resor

1
1495
Salah satu perahu hias melintas di perairan Sungai Carang dalam satu event pariwisata, tahun lalu.f-Adly Tanjungpinang Pos

Untuk mengangkat kebesaran dan kejayaan Sungai Carang di masa lalu, kawasan Sungai Carang akan disulap jadi resor dan restoran.

TANJUNGPINANG – Kedepan Sungai Carang bisa menjadi destinasi wisata sungai yang sejajar dengan sungai-sungai di Thailand, Malaka, ataupun Eropa. Suryono, pengusaha yang akan membangun resor dan restoran di kawasan penuh sejarah itu, mengatakan, selain resor dan restoran juga akan dibangun fasilitas lainnya seperti pelabuhan dan tempat ibadah. Nanti juga ada tempat bermain untuk anak-anak.

Sambung Suryono, pelabuhan tersebut bisa melayani kapal feri yang membawa turis dari Batam ke Sungai Carang maupun maupun dari Lagoi ke Sungai Carang. Pelabuhan tersebut juga dimanfaatkan untuk membawa turis yang mau berwisata dari Sungai Carang ke Penyengat. ”Saya optimis kawasan Sungai Carang akan menjadi destinasi unggulan di Kepri mendatang,” kata Suryono, Selasa (5/6).

Baca Juga :  Antisipasi Kebakaran, Polres Tanjungpinang Gelar Apel Terpadu

Kata pengusaha properti tersebut, jika resor dan restoran sudah selesai dibangun, bukan hanya turis yang bisa berkunjung ke sana, tapi masyarakat umum bisa duduk di restoran maupun resor sambil menikmati indahnya Sungai Carang. Tamu restoran dan resor bisa menikmati perlombaan dragon yang digelar pemerintah setiap tahunnya di lokasi tersebut. Bahkan kawasan tersebut bisa dijadikan tempat festival kunang-kunang ke depanya. Lokasi ini akan juga dibuat wisata kunang-kunang.

”Izinnya sudah kita urus, semakin cepat izinnya keluar, semakin cepat kita bangun,” kata Suryono.

Baca Juga :  Gubernur Evaluasi Kinerja Kepala OPD

Kemudian, jika restoran dan resort telah dibangun, Sungai Carang akan tempat wisata ternama di Kepri. Sebab, nama Sungai Carang sudah cukup dikenal di daerah Singapura, Malaysia dan beberapa negara, karena sejarahnya dulu.

Suryono melihat ke depanya kunjungan turis ke Tanjungpinang akan terus meningkat. Perlu ada terobosan baru antara pemerintah dan swasta untuk bangun objek wisata baru. Ia juga ingin ada kereta gantung yang menghubungkan Tepilaut-Penyengat dan Senggarang.

”Kalau malam view kawasan Sungai Carang sangat cantik, sungainya juga cukup indah, sangat disenangi para turis,” tegasnya.

Baca Juga :  Meresmikan RS Khusus Infeksi Covid-19 Galang, Pangkogabwilhan I Transit di Lanudal Tanjungpinang

Sambung dia, supaya kapal-kapal ferri pariwisata keluar masuk ke kawasan Sungai Carang ke depannya, ia mengusulkan agar kedalaman alur Sungai Carang di perdalam lagi. Kemudian, mengusulkan baiknya pelabuhan Batu Enam, baiknya di pindahkan ke pelabuhan Tanjungmoco, Dompak. Supaya kapal pariwisata mau masuk ke Sungai Carang.(ABAS)

Loading...

1 KOMENTAR

  1. Mudah-mudahan dapat segera terealisasi; Sungai Carang Resort. Sebagai salah satu tujuan & wisata andalan TanjungPinang dan sekitarnya. Dalam konteks tetap menjaga, melestarikan & mempertahankan ekosistem hutan mangrove, situs arkeolog kota lama beserta komplek makam Daeng Celak dan juga cagar budaya lainnya.
    Penuh harapannya juga dapat menumbuhkan kembangkan peluang ekonomi masyarakat tempatan dalam hal ini; sukses selalu buat kampong kite TanjungPinang.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here