Support Honorer untuk Meningkatkan Pelayanan

0
452
TINJAU pelayanan: Bupati Bintan H Apri Sujadi saat meninjau sistem pelayanan terpadu di kantor Kecamatan Gunung Kijang belum lama ini. F-yusfreyendi/tanjungpinang pos

Serikuala Lobam – KEBERADAAN tenaga honorer dirasa sangat membantu untuk melayani masyarakat. Salah satunya seperti yang terlihat di pelayanan kantor Kecamatan Seri Kuala Lobam.

Hal itu diungkapkan Nurhayati, Sekretaris Kecamatan Seri Kuala Lobam, Rabu (14/2).

”Kami terbantu oleh tenaga honorer di kantor kami. Ini untuk mengoptimalkan kinerja pelayanan kepada masyarakat. Peran honorer sangat membantu,” ujar Nurhayati.

Dalam rutinitas sehari-hari di kantor kecamatan, Nurhayati menyinggung tentang pelayanan yang selalu ramai setiap harinya. Dengan adanya pekerja honorer, menurutnya, segala pekerjaan yang berupa pelayanan surat-menyurat dapat bisa terselesaikan denganc epat.

Sebagai upaya peningkatan kinerja honorer, Nurhayati mengatakan, selaku pimpinan harus terus mengayomi seluruh bawahannya agar bekerja dengan baik dan bisa menuntaskan pekerjaan.

”Kami selalu memberikan semangat kepada mereka. Bukan hanya untuk tenaga honorer saja, tetapi juga kepada Aparatur Sipil Negara (ASN) lainnya,” jelas Nurhayati.

Mengayomi, sebutnya, akan menumbuhkan kekompakan bagi sesama rekan kerja. Setelah kompak, sebutnya, maka berbagai kendala yang terjadi dapat dicarikan solusinya.

”Jika kendala yang dihadapi tidak ditemukan solusinya, tentu bisa menghambat kinerja pelayanan dan tetap mengutamakan pelayanan untuk masyarakat,” sebutnya.

Ia mengandaikan, jika antar rekan kerja saling acuh tak acuh, atau tidak saling peduli satu sama lain tentu sebanyak apapun pegawai tidak akan bisa menyelesaikan pekerjaan dengan baik.

Ia menambahkan, setiap hari tenaga honorer diberikan bimbingan serta evaluasi kinerja. Tujuannya untuk menyemangati tenaga honorer agar tidak malas-malasan.

”Upaya itu diterapkan untuk menghilangkan kesan jika tenaga honorer hanya dianggap sebagai pelengkap semata di kantor. Padahal, jika tanpa mereka, mungkin pekerjaan kami jadi lambat,” ucapnya.

Tenaga honorer baru di lingkup kerja Pemerintah Kabupaten Bintan ini direkrut akhir tahun lalu. Bupati Bintan H Apri Sujadi S Sos menekankan, agar tenaga honorer yang telah ditempatkan mampu meraih prestasi dilingkup kerjanya.

Menurut Apri perekrutan itu bukan semata-mata mengisi kekosongan tenaga, tetapi disesuaikan dengan mekanisme seleksi berdasarkan kemampuan atau keahlian yang dimiliki. (JENDARAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here