Surat Kendaraan Dominasi Pelanggaran Lalin

0
442
AKP Indra Jaya

LINGGA – Kepala Satuan Lalu Lintas (Kasatlantas) Polres Lingga AKP Indra Jaya meminta para pengendara kenderaan roda dua maupun roda empat untuk melengkapi surat-surat kendaraan. Imbauan tersebut disampaikan menyusul akan digelarnya operasi keselamatan berkendara Simpatik Seligi 2018 pada tanggal 15 hingga 19 Mei mendatang.

Pada razia sebelumnya, tercatat dari 146 pelanggaran terdapat 66 pelanggar yang tidak menunjukkan kelengkapan surat kendaraan. Selain itu, tidak menggunakan helm sebanyak 42 pelanggar serta kelengkapan standar kendaraan 25 pelanggar dan lain-lain 2 pelanggar serta safety belt 11 pelanggar.

Baca Juga :  Lingga Raih 9 Emas di Kejurda Atletik Provinsi

”Ini hasil razia yang kita gelar kemarin. Angka ini pelanggaran ini termasuk tingginya. Kami akan terus berupaya untuk menekan angka pelanggaran dan kecelakaan di Kabupaten Lingga dengan melakukan berbagai hal,” kata Indra Jaya, kemarin.

Ia menjelaskan, upaya untuk menekan angka pelanggaran ini yang pertama dengan melakukan sosialisasi tentang tertib berlalu lintas sesuai dengan UULAJ tahun 2009. Soialisasi itu dimulai dari anak usia dini ke taman kanak-kanak, pelajar SMP, SMK dan SMA, sampai ke instansi-instansi pemerintah dan kelurahan. Tujuannya demi terciptanya Kamseltibcar lantas di Kabupaten Lingga.

Baca Juga :  LAM Terbitkan Buku Panduan Tepung Tawar

”Kami juga bekerja sama dengan Dispenda Kabupaten Lingga dengan membentuk Samsat Bergerak (Samber), sehingga masyarakat mudah dalam mengurus STNK dan membayar pajak kendaraan,” sebutnya.

Ia berharap, agar masyarakat mematuhi peraturan lalulintas. Sebab, lalu lintas merupakan cermin budaya suatu daerah dan dengan tertib berlalulintas menekan angka pelanggaran dan laka lantas. ”Orangtua jangan membiarkan anaknya yang dibawah umur mengendarai kendaraan bermotor, karena akan membahayakan keselamatan,” katanya. (tir)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here