Surat Suara Pilwako Mulai Dicetak

0
169
Para pendukung pasangan calon Wali Kota Tanjungpinang H Lis Darmansyah-Maya Suryanti terlihat gembira usah debat calon putaran kedua di Hotel Aston, Selasa (15/5) malam.
Para pendukung pasangan calon Wali Kota Tanjungpinang H Syahrul-Rahma terlihat gembira usah debat calon putaran kedua di Hotel Aston, Selasa (15/5) malam.

 

 

 

 

 

 

Surat suara Pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang di mulai di cetak hari ini, Kamis (17/5). Di cetak di salah satu percetakan di Kudus, Jawa Tengah. Dibutuhkan tiga hari untuk proses percetakan baru selesai.

TANJUNGPINANG – Menurut Ketua KPU Tanjungpinang Robby Patria tempat untuk mencetak surat suara cukup jauh di Kudus Jawa Tengah, karena semuanya diatur oleh KPU RI. Jumlah surat suara yang dicetak sesuai dengan jumlah Daftar Pemilih Tetap (DPT) Pilkada Tanjungpinang.

Jumlah DPT Tanjungpinang 141.777. Jumlah surat suara nantinya akan ditambah sebesar 2,5 persen di masing-masing Tempat Pemungutan Suara (TPS). Ada 317 TPS yang tersebar di 18 kelurahan di Tanjungpinang.

”Kira-kira akhir Mei surat suara Pilkada Tanjungpinang sudah sampai di Tanjungpinang,” kata Robby, kemarin.

Sambung Robby, setelah surat suara tiba, surat suara langsung di simpang di gudang milik KPU dengan pengawasan pihak kepolisian. Kemudian, akan disortir, apakah ada surat suara yang rusak atau yang robek atau sudah tercoblos.

”Nanti akan di awasi ketat penyimpanan surat suara oleh pihak kepolisian dan internal staf KPU Tanjungpinang,” bebernya. Sambung dia, pemilihan Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang semakin dekat. KPU Tanjungpinang akan kembali menggelar satu kali debat publik calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tanjungpinang.

Rencananya debat putaran ketiga (terakhir) akan digelar setelah Lebaran Idul Fitri mendatang. ”Kita juga mengajak kepada masyarakat jangan sampai golput,” tegasnya.

Sementara itu, Divisi Logistik KPU Kota Tanjungpinang, Muhammad Yusuf Mahidin menambahkan PT Pura yang memenangkan percetakan surat suara untuk Pilkada Tanjungpinang. Sebelum dicetak, pihak KPU Kota Tanjungpinang bersama dua tim paslon Walikota baik dari tim paslon nomor urut 1 dan tim paslon nomor urut 2, serta Panwaslu Kota Tanjungpinang dan Kepolisian memeriksa serta menyaksikan surat suara yang akan dicetak nanti. ”Kalau kotak hingga bilik suara kita sudah ada. Jadi, kita tidak butuh lagi kotak dan bilik suara,” terang dia.(ABAS-ANDRI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here