Surau Al-Huda Dijadikan Masjid

0
626
DIRESMIKAN: Pemerintah Kecamatan Pulau Laut meresmikan Masjid Al Huda. F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

NATUNA – Pemerintah Kecamatan Pulau Laut meresmikan Masjid Al Huda di Desa Kadur, Selasa (11/7). Sebelumnya, Masjid Al-Huda hanya berstatus surau. Awalnya surau tersebut, dibangun oleh masyarakat setempat secara swadaya untuk kebutuhan ibadah salat. Namun, pada saat itu surau tersebut tidak bisa untuk melaksanakan ibadah salat Jumat.

”Sekitar akhir Ramadan lalu, kita telah mengubah surau Al Huda menjadi Masjid. Kini, Desa Kadur telah resmi memiliki Masjid Al Huda,” ujar Sudirman, Cmat Pulau Laut, kemarin.

Sudirman menjelaskan, ada dua faktor pendorong peningkatan surau itu. Diantaranya faktor pertumbuhan penduduk, yang setiap hari semakin bertambah. Bahkan, jumlah penduduk laki-laki dan akil baligh sudah mencapai dua kali lipat dari jumlah muqimin.

”Kita ada pertimbangan yang masuk akal. Pertimbangan paling utama jumlah penduduk di desa setempat,” jelas Sudirman. Saat ini, jumlah mukmin mencapai 80 orang lebih dan syarat untuk mendirikan masjid harus ada 40 orang mukim.

Selain pertimbangan itu, pihaknya juga mempertimbangkan jarak. Warga Desa Kadur awalnya pergi menunaikan solat Jumat ke desa lain, yang jaraknya jauh dari desa. Hal ini, membuat pemerintah kecamatan dan desa tergerak untuk menjadikan surau itu jadi masjid.

”Mereka salat Jumat ke Desa Air Payang, jaraknya jauh sekali,” sambungnya. Sebetulnya, warga sudah sejak lama mengusulkan peningkatan status surau itu. Namun, keinginan warga baru bisa dilaksanakan tahun ini. (cr25)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here