Surya Makmur Gagas Pembentukan Serikat SSB se-Kepri

0
46
PERSONEL TNI AD melakukan seleksi cabang sepak bola yang digelar Korem 033 WP Kepri, di Batam, untuk persiapan Porad 2018, Jumat (9/2) kemarin. f-istimewa

PINANG – Anggota DPRD Kepri Surya Makmur Nasution menggagas untuk pembentukan serikat Sekolah Sepak Bola (SSB) se-Provinsi Kepri. Serikat SSB ini bertujuan untuk konsolidasi antar-SSB di Provinsi Kepri, baik mengenai liga sampai dengan pendanaan untuk SSB.

Gagasan pembentukan serikat SSB se-Kepri ini muncul, setelah Surya Makmur mendapat keluhan dari sejumlah SSB di Kota Batam, dan informasi dari SSB di Bintan maupun di daerah lain. Hampir seluruh SSB mengeluh kesulitan dalam pendanaan. Terutama ketika ingin mengikuti kompetisi di luar daerah, maupun di tingkat provinsi.

Seperti yang dialami empat SSB terbaik Kepri, ketika ingin bertanding di kompetisi sepak bola Aqua Danone Nations Cup (BNC) 2018 regional Sumatra Bagian Utara (Sumbagut) di Lubuk Pakam, Deli Serdang (Sumut), pekan lalu. Para SSB kesulitan berangkat ke Medan. Padahal, ini ajang resmi. Meski dalam kondisi sulit, satu SSB dari Kepri justru lolos ke kompetisi tingkat nasional. Yaitu Blue Eagle.

”Karena ada tiga SSB dari Batam, jadi saya bantu tiga SSB yang ada di Batam ini. Kalau SSB Bintan United dari Kabupaten Bintan, saya berpikir sudah dibantu oleh Pemkab Bintan. Jadi, SSB Bintan United tidak saya bantu, saat itu,” ungkap Surya Makmur Nasution, Jumat (9/2) kemarin.

”Ini baru masalah pendanaan. Banyak hal lain yang perlu kita perhatikan terhadap SSB di Kepri, untuk ke depannya,” sambungnya.

Untuk di Batam, sebut Surya Makmur Nasution, ada puluhan SSB yang aktif. Kompetisi antar-SSB sering dilaksanakan, sebagai ajang pembinaan dan motivasi pemain muda. Dalam penyelenggaraan ini, panitia mayoritas dari kalangan SSB. Kendalanya sama, sulit untuk melaksanakan kompetisi karena dana.

”Kami sudah bincang-bincang dengan sejumlah pengurus SSB yang ada di Batam. Ini perlu dibentuk serikat SSB Provinsi Kepri. Sehingga, konsolidasi lebih mudah. Baik kompetisi untuk tingkat SSB, maupun mencari solusi saat ingin berangkat ke luar daerah, mewakili Kepri,” sebut.

”Kalau ada serikat SSB, kan bisa disuarakan dalam anggaran hibah untuk APBD di tingkat kabupaten/kota, maupun di Pemprov Kepri. Gagasan ini, baru kami bicarakan di Kota Batam. Kalau di Bintan, Karimun dan Tanjungpinang setuju, saya sangat menyambut positif,” demikian dipaparkan Surya Makmur Nasution.

Di pihak lain, seorang orang pengurus SSB Bintan United mengatakan, tidak ada mendapat bantuan dari oknum anggota DPRD Kepri, maupun dari KONI Bintan dan Disbudpora Bintan, saat bertanding di Aqua DNC regional Sumbagut lalu.

”Mungkin kawan-kawan SSB dari Batam dapat bantuan. Kalau kami, tidak dapat. Kami coba ajukan ke KONI Bintan dan Disbudpora, tapi tak ada cair,” ujar sumber. (fre)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here