Suspect Difteri Karimun Dikirim ke Jakarta

0
319

KARIMUN – DINAS Kesehatan (Dinkes) Pemkab Karimun mengirimkan hasil pemeriksaan seorang anak berusia 4 tahun, yang terindikasi terserang difteri ke Jakarta.

Hasil pemeriksaan tersebut, berikut sampel darah yang dikirim untuk mengetahui jenis penyakit yang dialami bocah empat tahun tersebut.

”Kami masih menunggu hasil pemeriksaan medis. Kita belum dapat menyatakan, apakah positif atau negatif pasien terkena Difteri. Hasil pemeriksaan termasuk Apusan atau Swab tenggorokan di rumah sakit ikut dikirim juga. Nantinya, akan diberikan keterangan setelah ada hasil dari Jakarta,” kata Rahmadi, Kadinkes Karimun, Minggu siang (17/12) kemarin.

Rahmadi menyebutkan, jika nanti hasilnya positif maka akan dilakukan tindakan terapi di ruang khusus. Rahmadi menegaskan, belum ada warga yang dipastikan terjangkit virus Difteri.

Namun bukan berarti masyarakat tidak perlu waspada karena penyakit ini bisa saja menyerang warga. Di tempat terpisah, Dirut RSUD M Sani Karimun Zulhadi menyatakan, pihaknya siaga untuk menangani pasien dengan semua jenis penyakit.

Seluruh dokter, tenaga medis lainnya telah mengetahui gejala Suspect Difteri.

Jika ada yang terindikasi, langsung dilakukan penanganan lebih khusus. Namun, sampai saat ini belum ada pasien RSUD M Sani Karimun yang terindikasi Difteri.

”Saya menyarankan, agar setiap ada tanda-tanda Difteri harus diwaspadai,” kata Zulhadi.

Pada kesempatan yang sama, ia meluruskan pemberitaan salah satu media cetak yang berkantor di Batam bahwa di Karimun telah ada yang terjangkit Difteri dan sedang dirawat di RS M Sani Karimun. ”Informasi itu benar adanya,” katanya.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here