Syahrul Terima Kue Ultah Bertuliskan BP 1 T

0
162
Foto kue ultah H Syahrul berbentuk mobil dinas bertuliskan BP 1 T dari ASN di lingkungan Pemko Tanjungpinang beredar luas di masyarakat. f-andri/tanjungpinang pos

TANJUNGPINANG – Pemberian kue ulang tahun kepada Wali Kota Tanjungpinang H Syahrul terpilih, bertuliskan BP 1 T dari ASN di lingkungan Pemko Tanjungpinang, menuai protes dari sebagian masyarakat.

ASN membawa kue ultah saat H Syahrul merayakan ultah 58 tahun di kediamannya Komplek Perumahan Taman Harapan Indah (THI), Kamis (30/8).

Tulisan BP I T adalah plat nomor polisi kendaraan dinas yang akan digunakan Wali Kota Tanjungpinang terpilih, untuk melakukan aktivitasnya sebagai kepaal daerah.

Ketua Stisipol Raja Haji Tanjungpinang, Endri Sanopaka mengatakan perayaan ulang tahun H Syahrul ke 58, yang dirayakan oleh ASN di lingkungan Pemko Tanjungpinang, kurang etis.

Alasannya, H Syahrul belum dilantik sebagai Wali Kota secara resmi melalui keputusan Menteri Dalam Negeri (Mendagri).

”Karena beliau (Syahrul, red) baru ditetapkan sebagai Wali Kota Tanjungpinang terpilih, dan belum bisa menjalankan roda pemerintahan Kota Tanjungpinang,” kata Endri Sanopaka kepada Tanjungpinang Pos, Kamis (30/8).

Kata Endri, akan muncul berbagai macam persepsi terkait pemberian kue ulang tahun dari ASN tersebut. Salah satunya bisa dianggap sebagai upaya untuk mempengaruhi Wali Kota Tanjungpinang terpilih, H Syahrul setelah dilantik nanti. ASN baik itu, adalah PNS ataupun Pegawai Pemerintah dengan Perjanjian Kerja (P3K) seharusnya tetap dalam posisi profesional menjalankan tugas pelayanan pemerintahan.

Sambungnya, terpengaruh dengan situasi politik setelah pemilihan kepala daerah. Kata dia, kalau ASN ketakutan karena akan tidak menerima jabatan, justru itu menandakan bahwa oknum ASN tidak netral pada saat pemilihan kepala daerah lalu.

”Tapi, saya yakin Wali Kota terpilih akan bertindak bijak menempatkan kabinetnya nanti,” ucap dia. Kata dia, ASN yang membawa kue ultah ke rumah kediaman Wako terpilih, bisa saja ingin menjadi perhatian, saat pelantikan nanti ia bisa dilirik menjadi pejabat. ”Jabatan adalah kepercayaan. Jadi, semua itu hak Wali Kota dalam menentukan siapa yang bisa membantunya dalam bekerja,” sebut dia.

Hingga berita ini terbit, Wali Kota Tanjungpinang terpilih, H Syahrul belum memberikan keterangan saat dikonfirmasi oleh awak media ini.

Sebelumnya, mantan rivalnya di Pilkada Tanjungpinang H Lis Darmansyah, mendukung program-program kerja H Syahrul, untuk membangun Tanjungpinang. Lis juga menyarankan agar Wako terpilih bisa merangkul semua ASN di lingkungan Pemko Tanjungpinang. Bila ASN tidak dirangkul semua, kata Lis, akan terjadi kecurigaan antara ASN satu dengan ASN lainnya, berdampak dari menurunnya pelayanan kepada masyarakat.

”Saya mendukung program kerja Pak Syahrul untuk memajukan Kota Tanjungpinang. Saya juga berharap agar ASN d irangkul jangan sampai ada ASN tidak dirangkul karena akan berdampak pada pelayanan kepada masyarakat,” kata Lis Darmansyah, saat menghadiri perayaan HUT ke 73 Kemerdekaan RI. (dri)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here