Tabrak Karang, Kapal Ikan Karam

0
685
EVAKUASI: Aparat TNI AL dan kepolisian serta masyarakat saat mengevakuasi ABK kapal KM Dayang Samudra yang tenggelam akibat menabrak karang. F-ISTIMEWA

ANAMBAS – KAPAL Motor (KM) Dayang Samudra tenggelam usai bertolak dari Pelabuhan Letung menuju Kijang, Kabupaten Bintan, Sabtu (2/12) sekitar pukul 14.00 WIB.

Kapal bermuatan sekitar 6 ton ikan basah tersebut, karam di radius 500 meter dari pelabuhan milik Pemda di Kecamatan Jemaja, Kabupaten Anambas.

Tenggelamnya kapal tersebut diakibatkan lambung kiri kapal yang bocor karena menghantam karang akibat tidak adanya rambu-rambu sebagai penunjuk jalan.

Kapolres Anambas AKBP Junoto SIK mengatakan, dalam Kejadian tersebut tidak memakan korban jiwa. Hanya saja, kerugian ditaksir mencapai Rp500 juta. ”Tidak ada korban jiwa pada kejadian ini hanya kerugian mencapai Rp 500 juta,” kata Junoto, Minggu (3/12).

Baca Juga :  KPU Sosialisasi Lewat Seni Budaya

Pada pelayaran itu, lanjut Junoto, kapal dinakhodai Hairuddin beserta lima orang Anak Buah Kapal (ABK) dan kapal merupakan milik kiapok dengan lima orang Anak Buah Kapal.

Junoto menceritakan kronologis kejadian, bahwa KM Dayang Samudra yang dinakhodai Khairuddin bertolak dari dermaga Pemda Letung hendak menuju Pelabuhan Sribayintan, Kijang tiba-tiba sekitar 500 meter badan kapal sebelah kiri menabrak karang. ”Karena menabrak karang, membuat kapal menjadi bocor hingga tenggelam,” sebut Junoto.

Mengetahui hal itu, tambah Junto, Kapolsek Jemaja yakni Iptu Roswandi, Dan Posal Jemaja Letda Arif Budiman bersama masyarakat dan nelayan melakukan evakuasi korban dan muatan kapal.

Baca Juga :  Salahgunakan Anggaran, Kades Bakal Dibui

Pada saat dilakukan evakuasi, tidak ditemukan korban jiwa dalam kejadian itu. Salah seorang saksi mata mengatakan, ketika mengetahui ada kapal tenggelam pihak kepolisian, TNI Angkatan Laut serta Masyarakat langsung berupaya untuk melakukan pertolongan dengan menggunakan pompong untuk menjemput korban.

”Selain menjemput korban, juga menaikan kotak fiber ikan milik masyarakat yang akan diangkat dari dalam air. Ada sekitar 63 fiber ikan yang diangkat. Alhamdulillah. Evakuasi berhasil dilakukan dan awak kapal selamat,” sebut Dodi.(INDRA GUNAWAN)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here