Tadinya Kumuh Berantakan, Kini Bersih dan Rapi

0
436
SUSUN BUKU: Praja IPDN saat membersihkan dan menyusun buku di perpustakaan Kelurahan Tembeling Tanjung, Kamis (28/12). F-jendaras/tanjungpinang pos

Ketika Inspirasi Praja IPDN Menyulap Perpustakaan

Perpustakaan Kelurahan Tembeling Tanjung, Kecamatan Telukbintan sangat terlihat kumuh dan kotor.

TEMBELING – Saat dilihat dari luar, nyaris seluruh plafon bagian luar sudah rontok. Belum lagi saat masuk ke dalam, di ruangan seluas 5×8 meter ini terlihat buku-buku sudah berdebu dan tersusun di lemari yang sudah reot dan nyaris rubuh. Namun kini sudah berubah, saat 34 Praja Institut Pemerintahan Dalam Negeri (IPDN) angkatan 25, 26, 27 dan 28 melakukan aksi sosial yang bertema inspirasi praja.

Dengan cara gotong-royong mereka menyulap perpustakaan yang hidup segan mati tak mau itu menjadi perpustakaan yang lebih nyaman dan tentunya jauh lebih bersih. Tampak, atap dan plafon yang rusak di ganti dengan yang baru. Dinding yang berwarna kusam dicat ulang. Tampak juga semen yang berada di sekeliling bangunan yang sebelumnya pecah, berlumut dan ditumbuhi rumput liar, kini sudah disemen ulang dan tertata rapi.

Tidak hanya itu, beberapa tak yang sudah reot dipindahkan, ribuan buku yang ada langsung dievakuasi dan dibersihkan, kemudian disusun ulang sesuai dengan abjadnya. Untuk meletakkan buku-buku tersebut, disusun lemari buku yang baru serta lemari lama yang sudah diperbaiki. Debby Anggraeni, salah seorang Praja IPDN angkatan 25 yang juga merupakan koordinator aksi sosial inspirasi praja ini mengatakan jika aksi ini merupakan kali pertama yang dilakukan oleh angkatannya pada waktu dinas cuti.

Biasanya saat dinas cuti praja IPDN hanya melakukan aksi sosial biasa. ”Ini merupakan inisiatif dari para praja. Kemudian kami konsultasikan kepada para senior purna praja. Hasilnya dukungan penuh dari purna praja cukup baik,” katanya.

Ia mengatakan, sebanyak 34 praja yang mengikuti aksi sosial ini merupakan praja yang berasal dari Pulau Bintan. Selama satu hari ini kami melakukan perbaikan dan penataan perpustakaan Tembeling Tanjung. ”Kami juga memberikan ratusan buku yang berasal dari Perpustakaan Daerah Kepri dan Tanjungpinang,” tambahnya. Aditya Wahyu Hidayat, Praja IPDN lainnya mengatakan jika aksi sosial ini langsung dilakukan oleh para praja.(JENDARAS)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here