Tahanan Over Kapasitas

0
647
Warga binaan: Para warga binaan setelah salat zuhur di masjid yang ada di dalam rutan beberapa waktu lalu. f-dokumen/tanjungpinang pos

MBS.IMAN RUSAK, Hampir semua Lapas, rumah tahanan lembaga pemasyarakatan di negara Pancasila RI ini over dosis, over kapasitas karena membludaknya pelaku tindak pidana kriminal. Pada hal pembangunan “RUMAH TAHANAN” begitu pesat dilakukan di mana2. Penghuninya berbagai ragam, bukan rakyat biasa orang awam saja, tapi banyak juga pejabat orang pintar punya titel S 1 dan S3 dan haji.

Menurut hasil survei Ulama Warasatul Ambiyak, terjadinya peningkatan penghuni lapas sampai gedung yang disediakan tak mampu menampungnya adalah karena Rusak/lemahnya ke Imanan seseorang. Rusaknya Iman akan membuat manusia itu punya akhlak/kelakuan buruk. Mereka hantam semua halal haram, tidak mau ikut aturan agama dan undang2 pemerintah lagi. Pengawasan aparat sering terlambat sudah terjadi baru ribut,kata ulama tak mau disebut namanya itu.
+6281364252006

Tanggapan:
Kemenhum dan HAM juga tak ingin tahanan mengalami penumpukan. Untuk menghindari penumpukan Kantor Wilayah (Kanwil) Kementerian Hukum dan HAM (KemenkumHAM) Kepri sudah mengusulkan untuk membangun rumah tahanan khusus perempuan di Kota Batam. Sudah sejak awal Januari kita ajukan ke BP Batam.

Menurut Rinto, solusi mendirikan bangunan tahanan khusus untuk warga binaan perempuan saat ini, merupakan faktor pendukung yang paling utama dalam mencegah over kapasitas tahanan baik di Rutan maupun Lapas.
Kalau sudah ada lapas perempuan, blok tahanan perempuan saat ini bisa digunakan untuk Warga Binaan lain.

Saat ini jumlah warga binaan baik di Rutan maupun di Lapas sudah mampu mencapai lebih dari 3 ribu orang. Sedangkan jumlah tahanan perempuan terus mengalami peningkatan saat ini sudah mencapai 250 orang lebih.
Permintaan kami ke BP Batam menyiapkan lahannya. Kami bangun Lapas khusus perempuan dengan kapasitas lebih kurang 500 orang.

Hanya saja, sejak Januari diusulkan sampai hari ini BP Batam belum memberikan kepastian ke Kanwil KemenkumHAM Kepri, kapan akan dilakukan pembahasan lagi. (ais)

Rinto Gunawan.
Humas Kanwil KemenkumHAM Kepri

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here