Tahapan Verifikasi Caleg Terus Berlanjut

0
461
KOMISIONER KPU Anambas serta Panwaslu usai menerima berkas pengajuan Bacaleg dari beberapa partai.F-ISTIMEWA

ANAMBAS – Sejumlah rangkaian tahapan pendaftaran Calon Legislatif (Caleg), hingga ke tahap penetapan Caleg Kabupaten Kepulauan Anambas telah dilakukan. Ketua Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Kepulauan Anambas (KKA) Jupri Budi mengatakan, tahapan pendaftaran dan verifikasi terhadap Caleg terus berlangsung.

Mulai dari pengumuman pengajuan pencalonan terus disampaikan ke pihak yang berkepentingan, baik itu ke partai politik maupun kepada seluruh masyarakat.

”Sudah kita lalui proses tahapan pendaftaran dan verifikasi bagi bakal calon legislatif untuk tingkat daerah Anambas. Awalnya kita umumkan tentang pengajuan Caleg dimulai dari tanggal 1-3 Juli 2018 kemarin,” kata Jupri Budi di kantornya, Selasa (24/7).

Baca Juga :  Petani Terima 1,5 Ton Benih Padi dari Sumbar

Menurutnya, para partai politik sudah menyampaikan para calonnya untuk menjadi anggota DPRD ke pihaknya mulai dari tanggal 4-7 Juli kemarin dan berkas itu diajukan.

Setelah itu, pihaknya akan melakukan verifikasi kelengkapan administrasi terhadap pengajuan berkas calon anggota DPRD dari tanggal 4-17 Juli.

Ia menambahkan, penyampaian hasil verifikasi kelengkapan administrasi daftar calon disampaikan pada tanggal 19-21 Juli dan itu masih ada tahapan perbaikan kelengkapan administrasi daftar calon dan syarat calon dari tanggal 22-31 Juli mendatang.

”Masih ada berkas calon anggota legislatif dan syarat yang harus dilengkapi dan kita berikan waktunya,” jelas dia.

Baca Juga :  Bikin Pelang Nama Jalan di Desa

Setelah ada perbaikan, daftar dan syarat calon dilakukan perbaikan. Maka, pihaknya harus melakukan lagi tahapan verifikasi terhadap perbaikan berkas daftar dan syarat calon yang disampaikan dan diberikan waktu dari tanggal 1-7 Agustus 2018.

Ke depannya, KPU akan melakukan penyusunan dan penetapan Daftar Calon Sementara (DCS) pada tanggal 8-12 Agustus nanti. Selanjutnya, akan dilakukan pengumuman tentang DCS tersebut pada tanggal 12-14 Agustus.

”Setelah ada penetapan DCS, kita akan memberikan peluang kepada masyarakat untuk memberi tanggapan atau masukan terhadap DCS itu. Mulai dari tanggal 12-21 Agustus, kemudian kita minta klarifikasi kepada Parpol atas masukan dan tanggapan dari masyarakat tadi terhadap DCS mulai tanggal 22-28 Agustus 2018 mendatang,” jelas Jupri. (end)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here