Tahun 2019, Tuntaskan Kemiskinan

0
26
BUPATI Karimun Aunur Rafiq meninjau rumah terkena angin puting beliung, di Desa Sugi, Moro, Karimun baru-baru ini. F-ALRION/tanjungpinang pos

Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Karimun tahun 2019 nanti akan fokus pada Program pengentasan kemiskinan yang menjadi prioritas.

KARIMUN – Program prioritas tersebut tanpa harus mengurangi pembangunan perbaikan infrastruktur dan permasalahan bidang kesehatan.

”Penanganan kemiskinan menjadi yang diutamakan, melalui program yang bersentuhan langsung dengan masyarakat. Seiring kemajuan Kabupaten Karimun dari tahun ke tahun, maka Karimun menjadi daerah tujuan baru untuk mendapat kehidupan yang lebih layak. Inilah yang membuat angka kemiskinan di satu daerah terus ada,” kata Bupati Karimun Aunur Rafiq, Rabu (5/12).

Ia menambahkan, tahun depan sedikitnya 1.000 unit rumah akan direhab melalui dana stimulan yang bersumber dari Kementerian PUPR.

Kemudian, juga terdapat program jaminan kesehatan bagi petani dengan tercatatnya sebagai peserta BPJS yang mana iurannya dari dana CSR Bank.

”Program pengentasan kemiskinan sejalan, dengan program peningkatan kesejahteraan bagi petani dan nelayan. Melalui dengan infrastruktur, akses dan fasilitas yang sudah tersedia dengan baik, masalah kemiskinan dapat berkurang,” terangnya.

Beberapa waktu lalu, saat paripurna pengesahan APBD Karimun tahun 2019. Pengentasan kemiskinan menjadi salah satu item, yang menjadi perhatian Fraksi di DPRD.

Terkait program rehabilitasi rumah tidak layak huni (RTLH), lanjutnya, sebagaimana yang terlaksana beberapa tahun lalu dan menunggu Pemerintah Provinsi Kepri. Jika bersedia mengalokasikan anggaran, maka Karimun akan melakukan hal yang sama.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here