Tahun 2020, Dompak Sudah Bedelau

0
606
TINJAU PROYEK: H Nurdin Basirun bersama Kepala Dinas PU, Distamben ESDM, Satpol PP, Bina Marga dan tim pengawas kontraktor pembangunan kawasan Pulau Dompak meninjau proyek di kawasan Dompak, Kamis (2/11). F-SUHARDI/tanjungpinang pos

Nurdin Kembali Tinjau Proyek Pembangunan Dompak

Gubernur menginginkan kawasan Dompak harus mempesona atau bedalau. Impian ini baru bisa terwujud tahun 2020 mendatang. Atau 1 tahun sebelum masa jabatan Gubernur berakhir.

DOMPAK – Untuk mewujudkan itu perlu dana Rp 25 miliar. Dana ini digunakan untuk untuk penataan. Kamis (2/11) kemarin, yang kedua kalinya Gubernur meninjau dan melihat satu per satu proyek pembangunan fisik di Dompak.

Mulai dari pembangunan gerbang pintu masuk Jembatan I Dompak arah Tanjungpinang. Ia tidak sendirian, diampingi Kepala Dinas Pekerjaan Umum (PU) Abu Bakar, Dinas Pertambangan dan ESDM Amjon, Bina Marga N Riza, pejabat Satpol PP dan pengawas kontraktor proyek fisik di kawasan Pulau Dompak.

Memakai baju putih-putih, Gubernur tak hanya melihat proyek yang sedang berjalan. Ia pun meminta kepada dinas terkait agar ke depan mulai dari pintu masuk gerbang Jembatan I sampai kawasan Dompak menuju pusat kantor Pemerintahan sudah selesai di bangunan dan di tata tahun 2020 mendatang.

Untuk menata kawasan Dompak lebih bedelau Dinas PU masih membutuhkan dana Rp100 miliar untuk menata secara keseluruhan kawasan tersebut. Nurdin pun sangat merespon usulan PU tersebut. Dan, mantan Bupati Karimun ini optimis ke depan Pulau Dompak salah satu kawasan yang dapat jadi andalan masyarakat Ibukota Kepri saat berkunjung ke Tanjungpinang.

”Kita pastikan tahun 2020 sudah ada perubahan. Cuman kita butuh dana Rp 15 miliar sampai Rp 25 miliar lagi untuk penataan,” tegasnya. Masih kata Nurdin, Pemprov sangat membutuhkan anggaran besar. Karena niat lainya Nurdin ingin mewujudkan pembangunan stadion sepak bola di Dompak. Dana awal yang dibutuhkan mencapai Rp 30 miliar.

”Dinas PU memberikan gambaran ke saya, Rp 100 miliar sudah bagus secara keseluruhan,” terang Nurdin. ”Tujuan kita jelas, menjadikan Pulau Dompak sebagai kawasan pusat Pemerintahan yang ramah dan ingin dikunjungi masyarakat. Masyarakat yang datang ke pusat pemerintahan bukan hanya datang mengurus administrasi saja tapi bisa dijadikan kawasan Dompak tempat wisata, tempat bersantai dan berkreasi tentunya dapat menjadi ikon dari ibu Kota Kepri,” beber Nurdin.

Diakhir peninjauannya r Nurdin menyempatkan diri berinteraksi dengan beberapa pekerja proyek di kawasan Dompak. Pekerja mengeluhkan bahwa ada beberapa tanaman yang dicuri oleh pihak yang tidak bertanggungjawab.

Mendengar hal tersebut Gubernur langsung menginstruksikan pihak Satpol PP untuk melakukan penjagaan atau patroli keliling dengan rutin. Ia juga minta ke Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral agar segera mengalirkan listrik untuk penerangan jalan. Ia juga minta Biro Humas agar memasang beberapa kamera CCTv dilokasi yang strategis. Pengawasan harus lebih ketat, bila perlu tiap malam rutin di awasi dan secara diam-diam agar bisa langsung di ciduk.

”Nanti kita akan memasang kamera CCTv dilokasi yang strategis, kalau perlu nanti saya akan instruksikan kepada Sekda untuk dibuatkan UPTD yang berfungsi untuk menjaga kemananan di Pulau Dompak ini,” tegas Nurdin. Nurdin juga berpesan kepada seluruh masyarakat untuk bersama-sama juga ikut dalam menjaga Pulau Dompak ini.(SUHARDI)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here