Tahun 2021, Seluruh Desa Miliki Pamsimas

0
180
KEPALA Bidang Infrastruktur Balitbangpeda Pemkab Anambas Andyguna saat memberikan penjelasan mengenai program Pamsimas kepada masyarakat desa. F-ISTIMEWA

Pemerintah Kabupaten Kepulauan Anambas telah melakukan Rencana Aksi Daerah Air Minum dan Penyehatan Lingkungan (RAD-AMPL) secara bertahap.

ANAMBAS – Kepala Bidang Infrastruktur Balitbangpeda Pemkab Anambas Andyguna mengatakan, Pemda telah membuat RAD-AMPL tahun 2017-2021 dengan target tahun 2021 seluruh desa melaksanakan kegiatan Penyediaan Air Minum dan Sanitasi Berbasis Masyarakat (Pamsimas).

”Hal ini sesuai dengan agenda prioritas nomor 2 RPJMD Kabupaten Kepulauan Anambas, dengan membangun infrastruktur dasar air bersih dan listrik yang memadai serta pemukiman yang layak. Kita akan lakukan secara bertahap,” kata Andyguna, Selasa (15/5).

Andyguna juga menambahkan, kegiatan tersebut sudah dimulai tahun 2017 di lima desa. Sedangkan di tahun 2018 diselenggarakan di 11 desa dan target tahun 2018 15 desa. Dana yang digunakan dari pusat yakni, 4 berbanding 1 untuk Kabupaten.

Selain itu, diharapkan adanya swadaya dari masyarakat. Adapun formasi tata cara penganggarannya, pendanaan dari kabupaten berjumlah 70% dan desa 10% sedangkan masyarakat 4% dan 16% diharapkan tenaga masyarakat berupa pelaksanaan gotong-royong.

”Masih 19 desa yang belum, dan Insyaallah di tahun 2021 seluruh desa melaksanakan kegiatan Pamsimas,” terangnya.

Menurut Andyguna, tahun 2018 kegiatan PAMSIMAS di Wilayah Siantan Tengah di Dusun Muntai dan lanjutan Desa Air Sena dan Desa Teluk Siantan. Program tahun 2019, berada di Desa Air Asuk, Liuk, Lidi dan Teluk Sunting dari pelaksanaan program ini kelanjutan dilihat keberhasilan akan diberikan dana DAK pasca Pamsimas.

”Pelaksanaan Pamsimas ini dilakukan secara bertahap. Kita rencanakan tahun 2021 seluruh kecamatan sudah melaksanakannya,” katanya.

Sementara Camat Siantan Tengah, Herry Fakrizal mendukung sepenuhnya pelaksanaan Pamsimas diwilayahnya. Bahkan dia sudah mengimbau kepada masyarakat, agar membantu program ini dengan baik dan hasilnya bisa dirasakan oleh masyarakat itu sendiri.

”Kami sangat mendukung program ini. Kami juga bersama masyarakat akan bergotong-royong agar Pamsimas ini bisa sukses. Kalau berhasil yang merasakan manfaatnya kan masyarakat juga,” katanya. (INDRA GUNAWAN)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here