Tahun Depan, Pemkab Bintan Terapkan BOS-Da

0
266
BERSALAMAN: Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan Tamsir SSi MSi bersalaman kepada kepsek yang dikukuhkan, belum lama ini. f-JENDERAS KARLOAN/TANJUNGPINANG POS

TANJUNGPINANG – Mulai tahun depan, Pemerintah Kabupaten Bintan akan menerapkan dana Bantuan Operasional Sekolah Daerah (BOS-Da) untuk sekolah tingkat SD dan SMP di Bintan.

Program ini diadakan untuk membantu penyesuaian kebutuhan sekolah. Terutama untuk sekolah-sekolah yang di pulau. Pemda rencananya mengalokasikan anggaran senilai Rp 2 miliar untuk program tersebut.
Hal ini dikatakan Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Bintan, Tamsir kepada Tanjungpinang Pos, Rabu (1/11).

Besaran bantuan setiap sekolah akan berbeda, tergantung jenis klasifikaisnya. Semakin sikit siswa, maka bantuan diberikan lebih besar dari pada sekolah yang memiliki banyak siswa. Perhitungan besaran BOSDa berbanding terbalik dengan BOS nasional, meskipun tujuannya sama yaitu memenuhi kebutuhan sekolah.

”Selama ini, sekolah-sekolah yang memiliki jumlah sedikit atau kurang dari 100 orang, menerima bantuan dana BOS nasional sedikit. Kisarannya ada yang Rp 40-50 juta per tahun. Ini tentu kurang, makanya melalui BOSDa akan membantu meng-cover kebutuhan sekolah selain yang dibiyai BOS nasional,” tuturnya. Terkait dasar hukumnya sudah ada Perda Pendidikan yang belum lama ini di sahkan, dipekuat dengan Juknis melalui Perbub.

Dana BOSDa bisa digunakan untuk memperbaiki atap yang bocor, mempercantik halaman sekolah, membantu biaya transportasi guru tambahan, membeli ATK, serta beberapa lainnya. ”Dengan catatan, tidak boleh kegiatan yang sama dibiaya BOS nasional dan BOSDa. Jadi pihak sekolah sudah tahu ketentuan itu,” paparnya.

Pihaknya sudah mengklasifikasi jenis sekolah sebagai acuan besaran bantuan. Sekolah tipe A, dengan jumlah dibawah 100 siswa. Dilanjutkan tipe B, jumlah 100-300 siswa dan tipe C, diatas 300 sampai 500 siswa, begitu seterusnya. Terkait besaran bantuan, ia belum bisa memastikan, hanya saja untuk sekolah di bawah 100 siswa diperkirakan menerima bantuan sekitar Rp 30 juta per tahun.

Sedangkan tipe lainnya di bawah dari itu. ”Dari dana Rp 2 miliar kita bagi untuk 97 sekolah tingkat SD dan 28 tingkat SMP yang ada,” paparnya. Terkait penyaluran, diusahakan sama dengan jadwal BOS nasional.(DESI LIZA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here