Tahun Depan, Perumahan THI Bebas Banjir

0
484
Banjir melanda di kawasan Batu 9 atau kawasan perumahan Tamah Harapan Indah Tanjungpinang, belum lama ini.f-suhardi/tanjungpinang pos

Meskipun belum ada Detail Engineering Design (DED), Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kota Tanjungpinang, akan mengatasi banjir di kawasan perumahan Taman Harapan Indah (THI) tahun depan.

TANJUNGPINANG – Penanganan yang akan dilakukan melalui swakelola, dengan anggaran Rp1 miliar. Kawasan perumahan di Kelurahan Air Raja ini, salah satu titik langganan banjir disaat hujan deras di Tanjungpinang. Genangan air tersebut berasal dari luapan dari drainase berada di depan rumah toko (ruko) berada di kawasan THI.

”Tahun 2018 ini, kita tidak bisa menangani banjir di kawasan tersebut. Karena kita tidak ada anggaran,” kata Kepala Dinas PUPR Kota Tanjungpinang, Hendri kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (27/11).

Baca Juga :  Ayo....Hadiri Peluncuran Album Digital Budak Penyengat

Hendri berjanji akan mengatasi banjir di kawasan perumahan THI tahun depan, meskipun DED-nya belum ada. Menurutnya, nanti sebagian dana tersebut akan diperuntuhkan untuk membuat satu kolam resapan di daerah THI. Sehingga air terlebih dahulu masuk ke dalam kolam tersebut.

Lalu, air yang sudah tertampung di dalam kolam, baru kembali mengalir ke drainase selanjutnya. ”Saat ini, kita belum bisa pastikan berapa anggarannya untuk bangun kolam resapan tersebut,” ujarnya.

Rencana penanganan banjir di kawasan THI, disambut baik dengan Dedi, salah satu warga yang mengaku tinggal di kawasan THI. Pasalnya, pria (35) sudah berharap lama pemerintah daerah untuk mengatasi banjir yang terjadi di kawasan THI, yang menjadi langganan bila turun hujan lebat. ”Alhamdulillah, tahun 2019 nanti ditangani oleh Dinas PUPR Kota Tanjungpinang,” ucap syukurnya.

Baca Juga :  Banjir Rob, Aktivitas Pedagang Terganggu

Dedi meminta penanganan banjir di perumahan THI dilakukan pada awal tahun 2019 mendatang agar bencana banjir bisa cepat diatasi. ”Mudah-mudahan terealisasi,” sebut dia. (ANDRI DS)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here