Tahun Ini, BP Fokus di Investasi dan Wisata

0
302
Kepala BP Batam Lukita menemui investor yang mengurus I23J di Mal Pelayanan, Selasa (9/1) di Batam Centre. f-istimewa/humas bp batam

BATAM – Badan Pengusahaan (BP) Batam, melakukan pembahasan terkait rencana pelaksanaan pembangunan tahun 2018 ini. Dimana, titik berat pembangunan yang akan dilakukan, terkait dengan investasi, destinasi wisata, penanganan masalah sosial dan peningkatan kerjasama antar instansi di Batam dan Kepri. Selain itu, juga pembenahan sturuktur BP.

Kepala BP Batam, Lukita, Rabu (10/1) mengungkapkan, dalam pembangunan yang ditargetkan, pihaknya mendorong peningkatan komitmen staf BP. ”Target, terkait penyelesaian permasalahan sebelumnya. Ada komitmen staf BP Batam untuk kompak dan menjaga integritas,” katanya.

Diingatkan, masa transisi sudah jalan dan tinggal pengajuan di DK dan Menkeu, untuk perombakan diinternal BP. Sehingga untuk rencana organisasi BP Batam dalam satu tahun ini tidak berubah. ”Kami akan fokus pada upaya peningkatan investasi, destinasi wisata, masalah sosial, kerjasama dengan berbagai dengan instansi terkait. Termaksud kepolisian,” sambungnya.

Di antara program prioritas itu, diakui termaksud di dalamnya infrastruktur. Seperti infrastruktur pendukung parawisata dan industri. Termaksud peningkatan infrastruktur bandara serta rencana kerjasama pengelolaan dengan swasta. ”Bandara sedang kita kembangkan konsepnya. Termaksud pengelolaan, diharap sebelum akhir tahun, sudah,” harap Lukita.

Bandara diingatkan sangat penting, sehingga ditargetkan selesai lelang pengelolaan tahun ini. ”Bandara itu pintu masuk kita (parawisata dan industri). Kita mau cepat, jadi kita usahakan tahun ini. Kalau masterplan (pembangunan Batam), dalam finalisasi,” imbuhnya.

Sebelumnya, Deputi Bidang Pelayanan Umum BP Batam, Bambang Purwanto mengatakan, dalam evaluasi tahun ini, pihaknya sudah melakukan efisiensi. Termaksud perjalanan keluar daerah dan luar negeri. Hanya saja, untuk promosi tetap jalan, walau lebih selektif.

”Kita pangkas perjalanan, termaksud perjalanan keluar negeri. Tapi tetap ada promosi keluar negeri, hanya lebih selektif,” jelasnya.

Bambang menegaskan bahwa anggaran 2018 memang akan difokuskan untuk menggerakan ekonomi masyarakat, karena itu pihaknya juga akan menggelar banyak even dengan melibatkan para pelaku usaha kecil, mikro dan menengah (UMKM).

Supaya ekonomi masyarakat bisa kembali bangkit, dan dampaknya tentu akan membaiknya ekonomi Batam secara keseluruhan. ”Kita sekarang sedang melakukan sinkronisasi anggaran 2018 dengan prorgram prioriatas dimasing-masing deputi,” ujarnya.(MARTUA)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here