Tahun Ini, Dana BOS SD Rp 22 Miliar

0
360

Dinas Pendidikan Karimun mengusulkan Dana Bantuan Operasional sekolah (BOS) tahun 2018 sebesar Rp 22.114.400.000. Dana tersebut akan terealisasi, setelah Naskah Perjanjian Hibah (NPH) antara Karimun dan Pemprov Kepri.

KARIMUN – HAL itu diungkapkan Kabid Diksar pada Dinas Pendidikan Karimun Riauwati. Riauwati mengatakan, anggaran BOS tersebut digunakan pada 135 sekolah SD untuk tahun 2018 ini.

Selain itu, pemberian dana BOS berdasarkan jumlah siswa di masing masing sekolah. Tahun ini, dana BOS mengalami peningkatan dibandingkan tahun 2017.

”Sistem penyaluran dana BOS seperti tahun sebelumnya dari Kementerian Pendidikan Dasar akan disalurkan ke Disdik Provinsi Kepri baru masuk ke rekening masing-masing sekolah. Artinya, dari Disdik Karimun hanya menerima laporan realisasi dari sekolah SD tersebut,” jelas Riauwati.

Ia menambahkan, dana BOS akan disalurkan untuk triwulan pertama dari bulan Januari, Februari dan Maret. Dalam satu tahun, pencairan dana BOS dilaksanakan 4 triwulan.

Peruntukan dana BOS tersebut, tidak ada perubahan dari tahun sebelumnya. Selain itu, dapat dipergunakan keperluan sekolah maupun gaji honorium bulanan, pengembangan profesi guru dan sebagainya.

”Tahun 2017, sudah terealisasi penggunaan dana BOS sebesar Rp 22.031.520 miliar. Sekolah Dasar Negeri 121 sekolah, Sekolah Dasar Swasta (SDS) 13 sekolah, masing-masing sekolah tidak sama besarannya penerimaan dana BOS,” terangnya.

Untuk kelancaran pembuatan laporan, petugas dari Dinas Pendidikan turun ke sekolah. Sehingga laporan dari sekolah, dapat diterima dengan baik. Aplikasi pelaporan dan peraturan yang berubah kerap merepotkan pihak sekolah, terutama sekolah yang berada di desa dan pulau.(ALRION)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here