Tahun Ini, Jembatan Dompak Kebagian Rp 11 Miliar

0
370
TINJAU: Gubernur Kepri Nurdin Basirun saat meninjau perkampungan penduduk di Kabupaten Natuna. f-dokumen/tanjungpinang pos

Gubernur Ajak Semua Pihak Ikut Melobi APBN

Tanjungpinang – GUBERNUR Kepri Nurdin Basirun mengajak semua elemen di Kepri bergandeng tangan untuk menjolok APBN untuk pembangunan Kepri. Ia mengatakan, APBD Kepri 2017 sekitar Rp 3,36 triliun bukan anggaran yang besar untuk pembangunan.

Apalagi tahun ini masih ada sisa utang untuk pihak ketiga yang harus dibayar dan jumlahnya ratusan miliar.

Nurdin pun meminta agar segala koneksi yang dimiliki masyarakat Kepri turut membantu menjolok anggaran dari pusat baik melalui partai politik atau melalui persahabatan dengan pejabat di pusat.

Mantan Bupati Karimun ini juga mengajak kepala Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Pemprov Kepri untuk menjolok APBN.

”Siapkan proposal yang lengkap, mari sama-sama kita ajukan ke pusat. Lewat politik juga bisa dibantu. Kalau ada sahabatnya di pusat, silahkan dibantu,” ujarnya baru-baru ini.

Kepri, kata dia, membutuhkan anggaran besar untuk pembangunan. Ia mencontohkan, anggaran di Dinas Pekerjaan Umum sekitar Rp 190 miliar, namun kalau dipakai untuk membangun, hasilnya tidak seberapa.

Apalagi Kepri dengan posisi kepulauan butuh anggaran besar untuk menyediakan infrastruktur. Membangun satu pelabuhan misalnya, anggarannya sangat besar. Sehingga butuh bantuan APBN.

Tahun lalu, kata Nurdin, pemprov tidak bisa membangun banyak infrastruktur dikarenakan defisit serta harus membayar Dana Bagi Hasil (DBH) Pajak Kendaraan Bermotor (PKB) ke kabupaten/kota.

Sehingga banyak pembangunan tidak jalan dan sebagian tidak bisa dilanjutkan. Tahun ini pemprov sudah mulai kembali membangun. Sekitar Rp 1,9 triliun APBD digunakan untuk membiayai kegiatan tahun ini.

Tahun lalu, salah satu proyek yang dirampungkan pemprov adalah Jembatan 1 Dompak. Tahun ini, finishing jembatan itu dilanjutkan kembali dengan total anggaran sekitar Rp 11 miliar.(Martunas)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here