Tak Ada Drainase, Puluhan Rumah Terendam

0
680
BANJIR: Seorang warga saat melintas di Jalan raya Desa Sungai Raya, Kecamatan Singkep Barat saat banjir, Rabu (6/9). F-TENGKU IRWANSYAH/TANJUNGPINANG POS

LINGGA – Puluhan rumah di Desa Sungai Raya, Kecamatan Singkep Barat, Kabupaten Lingga tergenang banjir, Selasa (5/9). Banjir yang disebabkan hujan deras yang turun, diduga terjadi karena pekerjaan pengaspalan jalan yang tidak direncanakan dengan matang.

Hal ini disampaikan salah satu aktivis masyarakat setempat, Usman Wello. ”Sebelum ada proyek pengaspalan jalan ini, rumah warga tidak pernah banjir meski hujan datang berhari-hari. Setelah proyek jalan dimulai, rumah warga kebanjiran,” kata Usman, Rabu (6/9).

Banjir yang menggenangi rumah warga ini, dapat diatasi dengan membongkar sedikit jalan agar air dapat mengalir. Pembongkaran jalan yang dilakukan warga secara bergotong royong ini, membuktikan bahwa banjir terjadi karena pembangunan jalan yang dilakukan tanpa ada perencanaan. ”Kami terpaksa jebol jalan supaya air mengalir, kalau tidak akan lama baru surut,” sebutnya.

Baca Juga :  Rp 500 Miliar untuk Alirkan Air ke Batam

Menurutnya, genangan air terjadi jarena karena pengaspalan jalan dan penimbunan yang dilakukan tanpa memperhitungkan ketinggian dan drainase. Seharusnya, dibuat dulu drainase kalau jalan ingin ditinggikan. (tir)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here