Tak Ada Listrik, Puskesmas Belum Beroperasi

0
796
GEDUNG Puskesmas Kecamatan Belat yang akan beroperasi melayani masyarakat mulai awal tahun 2017 lalu.f-ALRION/TANJUNGPINANG POS

Dinas Kesehatan (Dinkes) Karimun belum dapat mengoperasikan dua puskesmas yang sudah lama siap dibangun, yakni Puskesmas Alai dan Puskesmas Meral Barat.

KARIMUN – ”Kedua puskesmas tersebut memang sampai hari ini belum digunakan, karena terkendala jaringan listrik yang belum terpasang. Jika daya telah tersambung, maka puskesmas akan langsung operasional untuk melayanani masyarakat,” kata Rahmadi, Kepala Dinas Kesehatan Pemkab Karimun, Selasa (13/3).

Ia menambahkan, pihaknya telah mengajukan pemasangan daya untuk puskesmas ke pihak PLN. Hanya sampai hari ini, belum ada informasi dari pihak PT PLN (Persero) Rayon Tanjung Balai Karimun. Diharapkan, pihak PLN secepatnya dapat melakukan penyambungan daya. Sehingga, kedua puskesmas itu dapat beroperasi,” tambah Rahmadi.

Baca Juga :  Dinas PUPR Karimun Lambat Tangani Banjir

Karena belum beroperasi, masyarakat yang hendak mendapat layanan kesehatan dari Meral Barat dilayani di Puskesmas Meral. Namun, masyarakat harus menempuh jarak tempuh yang lumayan jauh.

Selain itu, antrean pelayanan hanya sampai pukul 12.00 WIB dan kerap dikeluhkan warga yang berasal dari Pasir Panjang serta pemukiman lain.

”Kita berharap Puskesmas Meral Barat dapat beroperasi secepatnya. Telah selesai dibangun pada tahun lalu. Sehingga, pengoperasiannya tentu akan memudahkan masyarakat mendapat layanan kesehatan. Sebab, tidak sedikit masyarakat yang terpaksa berobat ke dokter praktik, dan akibat tidak dapat dilayani di Puskesmas Meral,” kata Komarudin, anggota DPRD Karimun.

Baca Juga :  Jaksa Geledah Kantor Dinsos

Ia berencana dalam waktu dekat, ketika bertemu dengan Bupati Karimun Aunur Rafiq akan menyampaikan keluhan masyarakat ini. Untuk itu, pengoperasian Puskesmas Meral Barat dan Puskesmas di Sungai Ungar, Kecamatan Alai sangat mendesak.

Di tempat terpisah, Manager PT PLN (persero) Rayon TB Karimun Cris Silitonga mengatakan, mereka tidak dapat melayani permintaan pemasangan daya ke Puskesmas Meral Barat. Hal itu dikarenakan, wilayah tersebut adalah wilayah PT Karimun Power Plant.

”Mohon maaf sebelumnya, yang harus diketahui publik saat ini juga. Kami tidak dapat melayani permintaan pelayanan listrik puskesmas itu. Karena ada Perusahaan penyedia jasa kelistrikan di sana. Jadi kalau mau, silahkan konfirmasi dan ajukan kepada mereka,” terang Cris.(ALRION)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here