Tak Ada Pasien Puskesmas Ditutup

0
583
Semak: Kondisi gedung Puskesmas Desa Sabang yang ditutup karena tak ada pasien dan kondisinya sudah penuh semak belukar. F-HARDIANSYAH/TANJUNGPINANG POS

Natuna – GEDUNG Puskesmas Pulau Tiga hingga kini tak difungsikan, lantaran lokasinya yang tak terjangkau oleh masyarakat.

Puskesmas yang berada di Kecamatan Pulau Tiga Desa Sabang Mawang itu, dibangun menggunakan anggaran DAK dan sudah diresmikan sekitar sejak 2012 lalu.

Awalnya, gedung puskesmas itu pun terbilang megah untuk kelas Puskemas karena selain besar, gedungnya juga megah.

Namun, sayangnya belum difungsikan hingga sekarang. Banyak kalangan menyesalkan keberadaanya gedung puskesmas lokasinya sangat jauh sekali dari pemukiman masyarakat. Sehingga gedung itu menjadi rusak dan ditumbuhi semak belukar.

”Kasihan kita nengok gedungnya. Udah dibangun bertahun-tahun tapi gak ditempati sampai sekarang,” kata Marni, seorang warga Pulau Tiga, kemarin.

Menurutnya, sejak dibangun gedung puskesmas itu sempat dioperasikan. Namun, yang datang berobat sangat jarang.

”Gimana mau berobat kepuskesmas sana bang, udah sakit ditambah jalan menuju ke puskesmas itu yang jauh bikin tambah sakit,” jelasnya.

Waktu pertama diresmikan sekitar tahun 2012 lalu puskesmas itu sempat beroperasi dan tidak lama bertahan lantaran tidak ada pasien yang mau berobat.

”Warga lebih memilih berobat ke dukun karena lokasi puskesemasnya jauh sekali, di tengah hutan dan di atas bukit serta berjarak laut. Susah ke sana,” terangnya.

Sekarang ini kondisi gedung puskesmas itu sudah kosong dan gedungnya pun sudah tidak layak lagi dihuni. Makanya, saat ini masyarakat berobat di gedung posyandu.

Kondisi di atas dibenarkan Camat Pulau Tiga, Tabrani menjelaskan bahwa puskesmas yang berada di kecamatan pulau tiga Desa Sabang Mawang Barat sudah tidak ditempati lagi.

”Ya mas betul gedung puskesmas itu sudah tidak mungkin lagi ditempati, karena banyak atapnya sudah pada jebol, dan banyak pintu rusak serta ditumbuhi tanaman liar,” tutupnya. (HARDIANSYAH)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here