Tak Ada Sinyal, Warga Desa Terisolir

0
811
MENGAJAR SISWA: Salah satu mahasiswa dalam kegiatan KKN sedang mengajar di Taman Kanak-kanak, Desa Limau Manis, Natuna.f-ISTIMEWA

NATUNA – Mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (Stisipol) Raja Haji Tanjungpinang yang sedang menjalankan
Kuliah Kerja Nyata (KKN) di daerah perbatasan, Natuna menilai terlalu banyak persoalan yang dihadapi masyarakat.

Dari hal tersebut, mahasiswa dapat menjadi pembelajaran dan berusaha menyelesaikan. Seperti persoalan dirasakan masyarakat Desa Tapau, Kecamatan Bunguran Tengah, Kabupaten Natuna yang kini terisolasi karena tak memiliki sinyal hape. Mereka sulit untuk berkomunikasi ke luar daerah karena signalnya tak ada.

Mahasiswa Sosiologi Stisipol, Mualim menuturkan, dengan kondisi ini akan semakin menyulitkan bagi warga desa di perbatasan untuk bisa berkembang. Diperparah lagi dengan minimnya infrastruktur, sarana pendidikan dan kesehatan. Kehadiran mahasiswa ini untuk bertukar fikiran atau memberikan pandangan.

Baca Juga :  Kreatif Lestarikan Budaya, Kuliah Sambil Berwiraswasta

”Masyarakatnya hanya mendengar kabar lajunya pembangunan. Namun untuk beberapa kebutuhan dasar belum terpenuhi secara maksimal. Terutama masalah telekomunikasi,” ujar kepada Tanjungpinang Pos, Selasa (18/7).

Menurutnya, keberadaan mahasiswa di tempat tersebut selain mencari informasi persoalan yang dirasakan juga untuk mengetahui dan mengenal karakterisitik daerah berikut budaya masyarakatnya.
Ia menyebutkan, mayoritas warga Desa Tapau merupakan suku Jawa.
Terkait sifat, penduduknya masih mengedepankan gotong royong antarsesama warga. ”Warga desa sangat ramah jika tegur sapanya. Kami mengikuti beberapa kegiatan seperti pengajian bersama,” terang Mualim.

Baca Juga :  STIE Kuliah dari Handphone

Ia menilai, karakter warganya juga sangat mempengaruhi pembangunan. Tak jarang ada yang tak teralisasi karena ketidak kompakan warga. Untuk itu, ia menilai masyarakat tersebut tidak memiliki masalah. Sebab terbangun dengan sangat baik dan seperti kekeluargaan. (abh)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here