Tak Ada Uang, Siswa Tetap Bisa Sekolah

0
788
KUNJUNGAN: Bupati Anambas Abdul Haris (kiri) saat meninjau salah satu sekolah di Kecamatan Siantan Tengah, belum lama ini.F-INDRA GUNAWAN/TANJUNGPINANG POS

ANAMBAS – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Anambas sebelumnya telah memprogramkan biaya pendidikan, khususnya bagi pelajar tingkat SLTA yang kurang mampu. Biaya pendidikan itu, sepenuhnya akan ditanggung menggunakan Anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD).

Karena adanya keterbataan jumlah anggaran, tidak bisa menjamin secara keseluruhan siswa yang tidak mampu bisa mengecam pendidikan SLTA.
Data Angka Partisipasi Sekolah (APS) untuk SLTA pada tahun 2016, tercatat mencapai 76,87 persen. Meskipun belum tercapai hingga 100 persen, Pemkab Anambas merasa telah untuk bisa meningkatkan hal itu.

Baca Juga :  Peringati Hari Ibu, Bupati Jadi Koki

Bupati Anambas Abdul Haris mengatakan, ke depannya seluruh siswa yang ingin mengecam pendidikan SLTA tidak ada kendala. Namun, harus memenuhi persayaratan dan ketentuan yang ditentukan oleh Pemda khususnya Dinas Pendidikan.

”Pendidikan sangat penting bagi masyarakat yang kurang mampu, bagi memiliki anak yang ingin mengecam pendidikan SLTA. Diharapkan segera mengajukan permohonan beasiswa, dan Pemkab Anambas memiliki program untuk membiayakan pendidikan bagi siswa,” kata Abdul Haris, Minggu (7/5).

Haris mengatakan, perlunya dorongan bagi masyarakat keluarga kurang mampu untuk mendapatkan hak pendidikan yang layak karena tidak mampu secara ekonomi.

Baca Juga :  Akhir Tahun, Pesawat ATR-75 Bisa Mendarat

”Sejumlah siswa dari keluarga yang kurang mampu, yang ingin mengecam pendidikan SLTA akan kita prioritaskan dan memberi bantuan dengan beasiswa,” ucapnya.

Meski Angka Partisipasi Sekolah (APS) tingkat SMA belum mencapai 100 persen, namun APS untuk jenjang SD dan SMP, diakuinya telah mencapai 100 persen. (cr29)

Loading...

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here